Mencoba Nikmatnya Soto Medan Berkuah Santan - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Mencoba Nikmatnya Soto Medan Berkuah Santan

Soto Medan Kuah Santan

Mengenal Soto Medan Berkuah Santan


Medan adalah satu daerah yang memiliki makanan khas, salah satunya yaitu sotonya yang berkuah santan. Teman-teman para pecinta soto tidak afdol bila belum mencoba makanan khas medan ini. Yang harus teman-teman ketahui, soto dari medan ini berbeda dengan soto yang ada di pulau Jawa.

Ciri Khas utama dari soto ini adalah santan. Ya! Soto Medan dalam hidangannya menggunakan santan.

Persamaan dan Perbedaan Soto Medan Dengan Soto Jawa

Persamaan dan Perbedaan Soto Medan Dengan Soto Jawa

Meskipun demikian, ada beberapa kesamaan antara soto medan dan soto yang ada di pulau Jawa, yaitu baik soto yang ada di pulau Jawa dan soto yang ada di Medan keduanya juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Kedua makanan tersebut juga sama-sama menggunakan kunyit untuk menghasilkan warna kuning.

Perbedaannya hanya terletak pada tekstur kuahnya saja. Bila soto Medan cenderung kental, soto yang ada di pulau Jawa tekstur kuahnya lebih encer.

Selain ini, soto medan ketika dihidangkan juga disajikan bersama krupuk udang atau emping sebagai kudapan pelengkap. Beberapa penjual makanan ini biasanya juga menyajikan perkedel, potongan kentang rebus, tauge dan juga tomat. Tentu rasanya akan terasa lebih “lemak” daripada soto biasa.

Bahan Bahan Untuk Membuat Soto Medan Kuah Santan

Membuat Soto Medan Kuah Santan

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat makanan khas Medan ini hampir sama dengan soto pada umumya. Hanya saja ada beberapa tambahan rempah, seperti bunga lawang dan kapulaga. Di beberapa resep dalam bumbu halusnya ada yang menggunakan jinten dan ada yang tidak menggunakan jinten. Disesuaikan dengan selera masing-masing ya.

Oh ya teman-teman, soto Medan ini tidak menggunakan air sama sekali loh ketika proses memasaknya. Jadi, kuahnya benar-benar berasal dari santan.

Cara Membuat Soto Medan Kuah Santan


Cara Membuat Soto Medan Kuah Santan

Cara membuat masakan ini juga tidak terlalu sulit loh. Pertama, teman-teman hanya perlu menumiskan bumbu-bumbu halus beserta sereh, daun salam, daun jeruk, bunga lawang dan kapulaga hingga tercium aroma harum.

Kemudian teman-teman masukkan potongan daging ayam sebagai kaldu kuah. Biasanya kaldu soto didapat dari potongan kaki ayam atau ceker, leher dan sayap ayam. Lalu selanjutnya teman-teman tuang santan encer ke dalam bumbu tumisan, tambahkan gula, garam dan juga penyedap rasa sesuai selera. Biarkan hingga kuah mendidih. Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya ya.

Cita rasa soto medan ini sungguh menggoyang lidah dan makanan ini menjadi masakan favorit masyarakat tanah deli. Memang benar, keunggulan rasa dari soto medan terletak pada kekuatan rempah-rempah yang digunakan.

Disamping daging ayam, bisa juga disajikan dengan menggunakan potongan daging sapi loh. Pilihan daging ayam atau pun daging sapi ini juga disesuaikan dengan selera pribadi teman-teman ya. Untuk yang tidak menyukai daging ayam, bisa diganti dengan daging sapi. Begitu pula sebaliknya, bagi yang memiliki kolesterol tinggi atau yang tidak menyukai daging sapi, bisa menikmati soto medan dengan suwiran daging ayam.

Kesimpulan :


Soto medan memiliki rasa unik dengan kombinasi rasa gurih dan manisnya. Ditambah dengan aroma rempahnya yang menjadikan hidangan ini terasa sempurna disantap dalam keadaan hangat.

Bagi teman-teman yang menyukai rasa pedas, teman-teman bisa mendapatkan rasa pedas dari sari cabai yang memang telah disediakan khusus untuk makanan ini. Dan untuk menambah rasa segar ketika menyantap masakan ini, teman-teman juga bisa menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam kuahnya.

Kebanyang ngga bagaimana sedapnya soto medan? Beberapa hidangan soto medan ada juga yang melengkapinya dengan mihun. Soto medan ini banyak dijual di warung-warung pinggir jalan hingga restoran-restoran besar di kota Medan, jadi sangat mudah untuk dicari ketika teman-teman berkunjung ke kota Medan.

0 Response to "Mencoba Nikmatnya Soto Medan Berkuah Santan"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel