Kucing Mix Dome - Pengertian Dan Ciri Cirinya Lengkap - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Kucing Mix Dome - Pengertian Dan Ciri Cirinya Lengkap

Kucing Mix Dome dan Ciri Cirinya Lengkap

Pengertian Kucing Mix Dome dan Ciri Cirinya Lengkap

Harus-Tau.com - Pengertian Kucing Mix dome artinya adalah kucing yang lahir dari campuran jenis ras berbeda. Artinya Kebanyakan kucing jenis ini merupakan campuran dari hasil perkawinan silang antara kucing ras dan kucing domestik. Ciri-Ciri mereka juga beragam tergantung induk rasnya.

Arti dari Mix dome berasal dari kata bahasa inggris yaitu, "Mix" yang artinya campur atau campuran dan "Dome" yang artinya Domestik atau lokal. Jenis ini yang paling sering ditemukan di Indonesia adalah mix dome persia, mix dome anggora, Mix dome Himalaya, Mix dome calico.

Di lihat dari warnanya, mixdome yang paling disukai di Indonesia adalah yang memiliki warna putih, abu-abu, dan hitam putih. Karena warna tersebut memiliki nilai lebih dari harga, penilaian dan keindahan.

Ciri Ciri Kucing Mix Dome

Pada umumnya kucing ras campuran ini memiliki perbedaan terhadap ras lainnya. Dilihat dari bentuk tubuh, bulu dan bentuk wajahnya. Ciri Ciri Kucing Mixdome yang sering ditemukan di Indonesia sebagai berikut :
  1. Bentuk Wajah Lonjong
  2. Pundak Leher Kecil
  3. Bentuk Tubuh Gemuk
  4. Memiliki Bulu Shorthair Absolute

Jenis Kucing Mix Dome

Jenis ini memiliki hasil berbeda tergantung dari ras induknya. Hasil persilangan dari jenis kucing domestik dan ras dapat menentukan harga jualnya. Semakin bagus ras yang dikawinkan maka akan semakin mahal harga jualnya. Tetapi tidak semua ras dapat dikawinkan dengan kucing jenis domestik. 

Ada beberapa jenis ras yang tidak bisa dikawinkan sembarangan. Karena faktor penyakit dan keturunan dari ras mereka. Adapun kucing ras tersebut yang bisa di kawinkan dan menjadi jenis Mixdome adalah :

1. Kucing Mix Dome Persia



Kucing Mix Dome Persia

Jenis ras yang paling sering dikawinkan dengan kucing lokal di Indonesia adalah ras Persia. hasil perkawinan persia dan lokal banyak di minati pecinta kucing Indonesia. Karena hasil perkawinan silang dengan  persia memiliki bulu lebat yang indah.

Baca Juga : CiriCiri Kucing Persia Medium

2. Kucing Mix Dome Anggora


Kucing Mix Dome Anggora


Anggora juga merupakan salah satu jenis ras yang paling sering dikawinkan dengan kucing lokal Indonesia. Kucing campuran domestik jenis ini juga sering di ternak dan diperjual belikan, karena bulu dan sifatnya bagus.

Berapa harga kucing anggora mix dome ? Saat ini untuk harga anakan atau kitten dari mix dome anggora harganya adalah Rp. 150.000 - Rp. 500.000 dan untuk harga yang dewasanya mulai dari Rp. 500.000 - 1.000.000 . Harga ini di ambil dari beberapa sumber toko online seperti olx, facebook market.

3. Kucing Mix Dome Himalaya


Kucing Mix Dome Himalaya

Kucing Himalaya terkenal dengan sifatnya yang aktif, Hasil perkawinan dengan ras himalaya biasanya akan menghasilkan jenis yang sangat aktif dan sering bermain. Makanya banyak dari catlovers suka memelihara kucing campuran domestik dengan himalaya ini.

4. Kucing Mix Dome Calico



Kucing Mix Dome Calico

Sebenarnya Jenis Calico adalah kucing ras yang sering ditemukan di Indonesia. Jadi ini bisa dibilang lokal tetapi juga ras. Kucing jenis ini memiliki 3 warna pada bulunya sehingga kucing calico akan terlihat sangat bagus.

5. Kucing Mix Dome Bengal

Kucing Mix Dome Bengal

Jenis Kucing bengal ini termasuk salah satu kucing multi mix, yang artinya sudah dikawinkan silang lalu dikawinkan silang kembali. Kucing bengal sendiri merupakan hasil dari jenis ras american shorthair dan jenis ras leopard sehingga mempunyai ciri khas yang berbeda. Lalu dikawinkan kembali dengan kucing domestik atau kampung di Indonesia dan menghasilkan jenis yang baru lagi.

6. Kucing Mix Dome Siam

Kucing Mix Dome Siam

Kucing yang berasal dari daerah Asia ini biasanya akan terjadi perkawinan campuran dengan sendirinya. Tetapi dikarenakan ras Siam memiliki harga yang cukup lumayan, banyak juga para peternak mencoba mengkawinkan ras ini dengan jenis lokal yang ada di Indonesia. Sehingga hasilnya menciptakan kucing jenis baru.

Makanan Yang Baik Untuk MixDome

Untuk makanannya kamu bisa memberikannya campuran nasi dengan daging ikan. Sebelum mencampurkannya pastikan daging ikan sudah dimasak dan digoreng dengan baik. Setelah itu kamu bisa mencampurkannya dan memberikannya dengan mereka.

Selain itu kamu juga bisa membeli makanan instan seperti whiskas dan lainnya. Tetapi usahakan beli makanan yang basah, karena jenis ini adalah hasil campuran ras dan lokal, dan biasanya kucing kampung tidak terlalu suka dengan makanan yang kering.

Harga Kucing MixDome

Untuk harga dari Jenis ini tidak terlalu mahal dari pada ras itu sendiri. Jika kamu ingin memiliki kucing ras tetapi tidak mempunyai biaya cukup maka kamu bisa membeli jenis ini sesuai dengan ras yang kamu inginkan.

Harga dari kucing MixDom berkisar :
Rp. 100.000 sampai Rp. 2.000.000


Cara Merawat dan Memelihara Kucing Mix Dome


Cara Merawat dan Memelihara Kucing Mix Dome

Mereka adalah hewan peliharaan yang sangat aktif dan suka bermain. Maka dari itu, kamu sebagai majikannya harus rajin memperhatikan bagaiman sifat dan karakter dari jenis ini. Terkadang ada pula jenis campuran domestik yang lebih dominan sifatnya dengan kucing kampung. Akibatnya jadi lebih sering keluar dan mencari makan sendiri.

Jadi lebih baik kamu memberikan tempat yang nyaman di rumah. Jangan lupa untuk sering-sering mengajaknya bermain. Karena mereka senang sekali bermain. Tentu saja jangan lupakan kebersihannya. Kandang, tempat makan dan kucingnya sendiri harus bersih.

Kamu bisa lakukan grooming setiap satu bulan sekali atau dua minggu sekali untuk menjaga kebersihannya. Tidak ada salahnya untuk menjaga kebersihannya. Karena jika kamu malas maka akan ada masalah kesehatan  untuknya, mulai dari penyakit kulit, penyakit dalam dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga selalu konsultasikan kepada dokter hewan kepercayaan kamu agar bisa mendapatkan arahan dan penanganan yang baik terkait masalah yang suatu saat terjadi pada hewan peliharaan kamu. Dan yang terpenting selalu sayangi mereka ya catlovers.

Fakta Unik Kucing Mix Dome


Fakta Unik Kucing Mix Dome

Ada beberapa fakta unik dari jenis campuran ini loh catlovers. Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahuinya. Tetapi tidak ada salahnya juga kita bahas kembali disini.

Fakta pertama adalah bahwa mereka sangat suka sekali bermain di luar rumah dan biasanya mempunyai sifat teritorial. Yang artinya ia akan selalu menjaga daerah kekuasaanya saat sedang bermain.

Selain itu sang betina pun suka sekali kawin loh, iya hewan berbulu jenis ini yang berkelamin perempuan mudah sekali untuk terangsang. Jadi lebih mudah deh saat musim kawin tiba untuk mencari pasangannya.

Fakta lainnya, saat sudah tertidur mereka tidak suka diganggu. Baik itu ada musuh ataupun kamu jahil terhadapnya. Ia akan tetap tertidur saja, memang satu golongan dengan kaum rebahan mereka ya. Tapi jangan salah loh, saat mencuium bau makanan mereka akan sangat sigap menghampirinya.

Perbedaan Kucing ras, Kucing Mix Dome, dan Kucing Kampung


Perbedaan Kucing ras, Kucing Mix Dome, dan Kucing Kampung

Banyak yang salah mengartikan tentang beberapa perbedaan kucing . Kebanyakan dari mereka hanya tau nama dari ras nya saja tanpa mengetahui jenisnya tersebut masuk kedalam golongan apa. Disini kita juga akan memberikan sedikit informasi mengenai perbedaan kucing tersebut.

Kucing Ras


Kucing ras adalah jenis kucing murni yang berasal dari turunan aslinya. Mereka biasanya mempunyai ciri khusus yang mampu dikenali secara langsung dan hanya dimiliki oleh jenis rasnya. Beberapa contoh dari jenis kucing ras yang sudah banyak ada di Indonesia adalah :
  1. Ras Himalaya
  2. Ras Persia
  3. Ras Anggora
  4. Ras Siam
  5. Ras Scottish Fold
Dan masih banyak lagi yang lainnya jika di jabarkan akan menjadi artikel tersendiri yang sangat seru untuk di baca. Data di atas adalah ras yang saat ini sering ditemukan di Indonesia. Dan Tentu saja masih banyak lagi yang lainnya.

Kucing Mix Dome


Seperti yang sudah di bahas di atas Jenis ini adalah merupakan kucing ras campuran dari jenis ras dan lokal . Mungkin sebagian besar penjelasan sudah ada di artikel ini jadi tidak perlu saya jelaskan kembali. Karena takut kamu akan bosan membacanya.

Kucing Kampung / Kucing Dome


Apa yang dimaksud dengan kucing Dome? Kucing Dome atau Kucing kampung adalah jenis kucing asli yang berasal dari Negara tersebut. Jika kamu berasal dari Indonesia, maka Kucing domestik di Indonesia akan di anggap sebagai kucing dome atau kampung . Begitu juga saat kamu berada di luar negeri, maka kucing domestik di sana akan dianggap sebagai kucing kampung.

Jadi untuk pertanyaan Kucing Kampung itu ras apa ? Sudah bisa di simpulkan bahwa mereka adalah jenis ras domestik yang berada pada negara tersebut.

Demikian informasi dari artikel ini, semoga bermanfaat dan membantu kamu semua ya catlovers. Untuk harganya bisa berubah setiap saat tergantung dari pasar dan penjual kucing di Indonesia. Ingat untuk selalu menjaga hewan peliharaan kamu ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel