Kucing Dome di Indonesia : Ciri, Harga dan Faktanya - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Kucing Dome di Indonesia : Ciri, Harga dan Faktanya

kucing dome


Harus-tau.com - Kucing Dome atau yang biasa di sebut sebagai kucing kampung. Adalah merupakan kucing yang berasal dari Indonesia. Arti dari Dome sendiri adalah kependekan dari Domestik yang artinya lokal. Jadi mereka hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Saat ini sudah ada beberapa jenis kucing Dome yang ada di Indonesia. Kebanyakan dari mereka mungkin adalah hasil dari Kucing mix dome atau perkawinan silang sehingga menghasilkan jenis baru yang bagus. Jika di nilai dari harganya mungkin jenis mixdome lebih mahal daripada dome atau lokal.

Beberapa jenis ras yang sering dikawinkan silang adalah persia , himalaya , anggora , Calico , Siam dan Bengal. Sampai saat ini jenis tersebut sudah menjadi salah satu ras yang paling sering di mix dengan kucing lokal.

Ciri Ciri Kucing Dome di Indonesia


Ciri Ciri Kucing Dome


Ada banyak perbedaan dari kucing ras dengan jenis kucing yang berada di Indonesia. Salah satunya adalah dengan bulunya. Iya perbedaan bulunya dengan jenis ras lain bisa di katakan lebih pendek. Maka dari itu banyak yang mengatakan bahwa kucing domestik adalah jenis Shorthair. Lalu Ciri Ciri lainnya dari kucing dome adalah sebagai berikut :
  1. Berbadan Panjang
  2. Memiliki telinga panjang
  3. Mata bewarna kuning
  4. Memiliki Bulu Shorthair
  5. Memiliki Ekor Panjang

Itulah 5 Ciri ciri kucing domestik yang ada di Indonesia. Mungkin ada beberapa sebagian yang memiliki ekor pendek atau tertekuk karena kelainan genetik. Selebihnya adalah sama seperti yang saya sebutkan di atas.

Selain itu ternyata ada banyak juga loh ragam warna dan motif yang ada pada jenis ini. Beberapa motif di antaranya adalah marble, Belang, totol dan bintik. Biasanya dari motif tersebut terdapat 2 sampai 3 warna. Dan warna yang menjadi ciri khas dari kucing dome adalah. Putih, abu-abu, coklat, orange, dan hitam. Itu semua adalah warna yang sering ditemukan di Indonesia.

Makanan Kucing Dome


Makanan Kucing Dome


Sebagai salah satu ras kucing di Indonesia, mereka biasanya memakan ikan mentah atau ikan matang. Jika kamu memberikannya makanan yang biasa di jual di petshop atau toko yang berbentuk kering seperti cemilan, biasanya jarang sekali dimakan atau sedikit sekali.

Karena mereka biasanya hidup di pasar dan memakan ikan sisa dari makanan yang dibuang oleh manusia. Tidak jarang juga kita melihat mereka memakan sesuatu yang diluar dari rantai makanannya. Karena kehidupan kucing domestik merupakan salah satu yang di anggap sebelah mata oleh orang Indonesia sendiri.

Harga kucing Dome


Harga kucing Dome


Adapun seperti jenis lain, ternyata ada juga yang menjual hewan ini dan memiliki harga lumayan. Tentu saja dengan melihat kecantikan bulunya dan ke unikannya tersendiri. Biasanya mereka akan di jual setelah hasil dari perkawinan silang. Tetapi ternyata ada juga loh sebagain yang menjualnya langsung. Harga kucing dome sendiri relatif lebih murah yaitu antara Rp. 100.000 sampai Rp 200.000 .

Fakta Kucing Dome di Indonesia


Fakta Kucing Dome


Sebagai salah satu jenis kucing asli yang berasal dari Indonesia, Ternyata kucing dome sendiri mempunyai fakta yang kamu harus tau. Salah satu faktanya mungkin akan sedikit miris dan prihatin saat melihatnya. Berikut inilah beberapa fakta kucing dome yang kamu harus tau :

1. Kucing Kampung Galak


Mungkin ini adalah salah satu faktor kenapa jarang sekali yang memeliharanya. Memang saya akui mereka adalah salah satu jenis yang agresif. Tetapi itu hanya pada pertama kali bertemu dan berinteraksi dengannya. Setelah satu bulan mereka akan jinak sama seperti kucing yang lain. Sifat galak yang dimilikinya adalah salah satu insting yang digunakan untuk melindungi dirinya.

2. Tidak Di Sukai


Mungkin banyak para pecinta kucing di Indonesia, Tetapi mereka semua hanya memelihara kucing ras yang lucu dan imut. Tapi tidak pernah mencoba untuk memelihara kucing kampung yang ada di sekitar rumah. Padahal mereka adalah hewan yang sama. Saya sendiri sampai artikel ini dibuat sudah memelihara 6 kucing kampung di rumah saya.

3. Banyak Berkeliaran di Jalan


Ini adalah salah satu fakta yang benar terbukti adanya. Di jaman sekarang dengan teknologi dan kecanggihan yang sudah maju. Hewan ini masih bisa berkeliaran di jalanan, bahkan saya pernah menemukannya di sekitar lampu merah jalan besar. Mungkin karena habitat aslinya yang sudah tidak ada, menjadikan mereka bisa ditemukan dimana saja.

4. Sering di jadikan Makanan


Salah satu dari bagian pulau di Indonesia telah lama sekali menyantap daging kucing. Yang menjadi korbannya adalah mereka kucing yang berasa dari lokal atau yang biasa kita lihat di jalan selama ini. Mungkin sudah termasuk turun temurun di sebagian wilayah. Tetapi menurut saya pribadi kurang baik dan masih banyak makanan yang lainnya.

5. Di Jual di Pasar


Apakah kamu tau pasar tomohon? Iya pasar yang menjual segala jenis hewan tersebut ternyata juga menjual daging kucing dengan harga yang relatif murah. Sungguh ini sangat membuat sedih para pecinta kucing. Tetapi apa daya kita tidak memang tidak bisa berbuat banyak dengan aturan yang berlaku di suatu daerah.

Mungkin sampai sini saja informasi mengenai Kucing Dome yang ada di Indonesia. Semoga dapat menyadarkan dan memeberitahu bahwa kucing domestik di Indonesia juga mempunyai nilai yang baik sebagai hewan yang bisa di pelihara dan bisa juga mengurangi penderitaan mereka untuk tidak memakannya.

Sebenarnya meraka adalah makhluk hidup yang sama seperti kita, tidak ada salahnya berbagi dan memberikan yang terbaik untuknya. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

0 Response to "Kucing Dome di Indonesia : Ciri, Harga dan Faktanya"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel