Mudah ! Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Mudah ! Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor

Cara Membersihkan Telinga Kucing

Harus-tau.com - Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri Di Rumah, Membersihkan Telinga kucing adalah hal yang harus kamu lakukan. Membersihkan Lubang Telinga kucing ini masuk kedalam kategori Grooming Bulanan. Jadi kamu bisa membersihkannya setelah 2 minggu atau 1 bulan sekali. Dengan cara ini kamu bisa membersihkan lubang telinga kucing sendiri di rumah.

Saat kucing kamu terlihat kotor dan di dalam telinganya sudah terlihat kerak, maka kamu harus membersihkannya. Untuk membersihkan Telinga kucing, kamu tidak perlu harus bawa ke dokter hewan atau ke tempat perawatan hewan. Karena membersihkan telinga kucing ini bisa dibilang cukup mudah dan tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak.

Tujuan Membersihkan Telinga Kucing


Tujuan Membersihkan Telinga Kucing


Tujuan membersihkan telinga kucing apa saja sih? Agar telinga mereka bisa lebih bersih dan terhindar dari penyakit. Kamu harus Menghilangkan kotoran yang berada di dalam lubang telinga. Telinga kucing yang kotor dan tidak di bersihkan dapat menyebabkan berkembang biaknya bakteri atau jamur dalam telinga yang dapat mengakibatkan radang pada telinga dan penyakit kulit lainnya.

Tanda mudah yang bisa kamu lihat untuk membersihkan telinganya adalah dengan melihat kelakuan mereka apakah telinganya terasa gatal dan ia sering menggaruk. Jika iya maka kamu sebagai pemilik hewan berbulu ini dan catlovers, kamu harus lakukan cara merawat kucing yang salah satunya adalah membersihkan telinga kucing agar mereka bisa bebas bermain dan terhindar dari penyakit.

Alat dan Bahan Yang dibutuhkan


Cara Membersihkan Lubang Telinga Kucing Sendiri Di Rumah

Untuk alat dan bahannya seperti yang sudah saya bilang di awal tadi. Untuk membersihkan lubang telinga kucing tidak diperlukan bahan-bahan dan alat yang mahal. Dengan biaya yang kecil dan tempat yang nyaman kamu bisa melakukan Grooming kucing kamu sendiri dirumah.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan telinga kucing:

  • Cotton Bud
  • Baby oil
  • Wadah.
  • Tempat Yang Nyaman

Alat dan bahan-bahan ini bisa kamu temukan di mana saja dan harganya pun sangat terjangkau. Jadi tidak perlu takut untuk mengeluarkan biaya mahal hanya untuk perawatan kucing.

Cotton Bud


Fungsi cotton bud disini adalah sebagai media utama yang bersentuhan langsung dengan lubang telinga kucing. Meskipun harga dari Cotton bud ini berkisar murah tetapi jangan memilih cotton bud yang kapasnya sangat tipis sekali. Karena batang dari cotton budnya akan dalam kondisi basah jadi bisa saja kapasnya menipis dan batangnya menyakiti lubang telinga kucing.

Baca Juga : Cara Menyisir Rambut Kucing

Baby Oil


Baby Oil ini yang paling sering digunakan, tetapi jika kamu ingin membersihkan telinga kucing dengan minyak zaitun maka di perbolehkan saja. Sebenarnya kamu bisa menggunakan Ear Cleaner, sepertinya di jual di apotik atau petshop dan toko online. kamu bisa membelinya untuk kucing kamu sendiri.

Tetapi dari itu semua, entah kenapa saya lebih suka menggunakan Baby Oil. Selain bisa dipakai untuk anak Baby oil ini juga wangi dan terbukti ampuh langsung menghilangkan kotoran di lubang telinga kucing.

Wadah


Wadah disini yang dimaksud adalah sebagai tempat dari Baby Oil ini. Gunakan saja wadah yang kecil dan tidak berbahaya. Karena kita hanya membutuhkan baby oil sedikit untuk membersihkan lubang telinga kucing.

Tempat yang Nyaman


Yang terakhir kamu butuhkan adalah tempat yang nyaman untuk mereka . Karena saat kamu membersihkan lubang teling kucing, Kamu harus menidurkan tubuhnya di bawah. Dan jika Ia tidak merasa nyaman maka pasti mereka akan sering bergerak dan melawan. Tentu saja itu akan membahayakan saat kita sedang membersihkan telinganya.

Cara Membersihkan Telinga Kucing


Cara Membersihkan Telinga Kucing


Untuk caranya sendiri cukup mudah tidak beda jauh dengan saat kita membersihkan lubang telinga untuk manusia. Tapi mungkin kamu bisa mengikuti cara di bawah ini untuk lebih amannya.

Pastikan Kucing sudah Berada Pada Posisi Nyaman


Cara Membersihkan Lubang Telinga Kucing Sendiri Di Rumah

Pastikan kucing kamu sudah berada pada posisi yang nyaman, karena seperti yang sudah saya bilang tadi. Jika mereka banyak bergerak atau melawan, nanti bisa jadi secara tidak sengaja telinga si kucing malah tertusuk jadi usahakan agar kucing mendapatkan tempat yang aman.

Baca Juga : Cara Memotong Kuku Kucing

Buka Telinga Kucing


Cara Membersihkan Lubang Telinga Kucing Sendiri Di Rumah

Selanjutnya kamu bisa memegang daun luar telinga kucing agar kita bisa membersihkannya secara maksimal. Jangan terlalu kasar dengan kucing, jika suatu saat kucing sudah merasa tidak nyaman mungkin bisa di hentikan sejenak.

Bersihkan dengan Cotton Bud yang telah di basahi oleh Baby Oil.


Cara Membersihkan Lubang Telinga Kucing Sendiri Di Rumah

Yang terakhir adalah tugas kamu selanjutnya untuk membersihkan telinga kucing. Ingat lakukanlah dengan lembut dan perlahan karena jika suatu saat Ia reflek bergerak maka akan bisa membahayakan bagi si kucing nantinya.

Ok itulah bagaimana cara membersihkan telinga kucing sendiri yang bisa kamu lakukan di rumah. Ingat selalu untuk membersihkannya setiap 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali. Semoga kucing dan kamu yang suda membaca artikel ini bisa sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

0 Response to "Mudah ! Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel