√ Cara Memandikan Kucing Sendiri Dirumah Untuk Pemula - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

√ Cara Memandikan Kucing Sendiri Dirumah Untuk Pemula

Cara memandikan Kucing


Harus-tau.com - Cara Memandikan Kucing Sendiri Dirumah Untuk Pemula, Memandikan kucing sendiri dirumah adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh para pemilik kucing. Memandikan kucing merupakan salah satu dari Cara merawat kucing. Sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin membawanya ke salon kucing, tetapi sebagai pemiliknya kamu harus bisa memandikan mereka sendiri dirumah.

Cara memandikan kucing untuk pemula mungkin akan ada sebagian kucing yang berontak. Apalagi untuk kucing yang sama sekali belum pernah dimandikan, mungkin akan takut dan panik yang akhirnya akan berontak.

Jika kamu pemula atau baru pertama kali memandikan kucing, maka kamu bisa mengikuti cara memandikan kucing di dalam artikel ini. Silahkan di simak sampai selesai agar informasi yang diberikan dapat bermanfaat.

Tujuan Memandikan Kucing


Tujuan Memandikan Kucing


Tujuan dari Memandikan kucing adalah untuk membersihkannya dari kotoran dan menghilangkan kutu yang ada pada tubuh kucing. Kucing sendiri secara alami adalah hewan yang suka kebersihan, dia akan menjilat-jilat tubuhnya bila ada kotoran yang menempel pada tubuhnya.

Tetapi menjilati tubuh yang di lakukannya kurang maksimal dan tidak bisa menghilangkan kutu nya, karena ada bagian-bagian tertentu yang tidak dapat di bersihkan sendiri oleh mereka. Misalnya di leher atas, di muka, di kepala dan bagian tubuh lainnya.

Tugas kita sebagai majikannya adalah untuk memandikan kucing, karena hal ini memang sangat di butuhkan agar kucing kamu menjadi bersih, sehat dan Cantik.Tapi misalnya kamu mempunyai anak kucing dirumah, maka lebih baik jangan dimandikan terlebih dahulu sampai usianya 3 bulan.

Berapa kali untuk memandikan kucing? Kamu bisa memandikan kucing minimal 1 bulan sekali, dan kalau bisa dua minggu sekali. Untuk kamu yang memiliki kucing yang berbulu longhair maka bisa memandikan kucing seminggu sekali.

2 Cara Memandikan Kucing


Cara Memandikan Kucing


Ada dua cara dalam memandikan kucing, Yaitu adalah mandi basah dan mandi kering. Umumnya mandi kering bisa dilakukan dengan mudah, dan di artikel ini kita akan menjelaskan tentang cara memandikan kucing dengan mandi basah. Tapi saya akan mencoba menjelaskan kedua cara memandikan kucing tersebut.

1. Mandi kering


Mandi kering dilakukan dengan menaburkan bedak bayi ke badan kucing, ini di lakukan bila kucing basah atau lembab dan ingin dikeringkan secara cepat. Mandi kering sangat membantu kucing agar tidak kedinginan saat kucing dalam keadaan basah.

2. Mandi basah


Mandi basah ini yang akan kita bahas di halaman ini, Pada umumnya mandi basah sama saja dengan mandi pada umumnya tetapi untuk kamu yang pemula bisa mengikuti cara memandikan kucing sendiri dirumah di bawah ini.


Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memandikan Kucing ?


Kapan waktu yang tepat memandikan kucing? Memandikan kucing sebenarnya bisa kamu lakukan rutin setiap seminggu sekali tetapi dalam keadaan tertentu, kamu harus bisa memandikan kucing kamu agar bersih kembali:
  1. Bila Kucing kita kotor atau ber bau, misalnya sudah terlihat seperti berminyak rambutnya, terkena kotoran atau mencret.
  2. Pada saat kita akan memamerkan Kucing atau ikut Cat Show.
  3. Pada saat kita sedang mengobati kucing yang terkena penyakit Kulit atau Jamur.
  4. Pada saat Baru lahir.

Di halaman ini saya memberi contoh memandikan kucing sehari-hari.

Bahan Yang Harus Disiapkan Untuk Memandikan Kucing



Bahan-Bahan Yang Harus Disiapkan Untuk Memandikan Kucing

Bahan bahan yang harus disiapkan sangat mudah, sebagian besar bahan yang kamu butuhkan adalah hal yang kamu gunakan sehari-hari sebagai berikut :

  1. Air hangat
  2. Sabun Cair pembersih lemak seperti Goop atau Mama lemon.
  3. Shampoo
  4. Conditioner
  5. Bedak bayi
  6. Blower atau Hair dryer.
  7. Handuk atau Kanebo
  8. Kapas.
Apakah boleh kucing dimandikan dengan shampoo manusia? Sebenarnya boleh saja, akan tetapi lebih baik menggunakan shampoo khusus kucing, lagi pula harganya juga tidak terlalu mahal ko dibandingkan dengan sampo manusia.

Cara Memandikan Kucing


Untuk memandikan si kucing pertama kamu harus membuatnya senyaman mungkin, Pastikan kuku dan hal lainnya sudah kamu lakukan. Agar saat memandikan kucing tidak membahayakan kamu oleh kukunya. Setelah kamu melakukan grooming sebelumnya maka, ikuti langkah langkah di bawah ini untuk memandikan kucing :

1. Ketahui Cara Grooming Kucing


Sebelum memandikan si kucing, pastikan kamu sudah mengetahui cara grooming kucing sebelumnya disini. disana banyak membahas bagaimana cara merawat kucing yang baik dan benar. Jadi silahkan baca-baca saja terlebih dahulu.

2. Tutup Kedua Telinga Kucing


Pastikan kamu sudah menutup Kedua Telinga kucing dengan kapas, tujuannya adalah untuk mencegah air masuk kedalam saluran telinga. Karena ada kemungkinan kucing akan banyak bergerak. Jadi sediakan kapas untuk menutup telinganya.

Saat memasukan kapas ke telinga kucing, kamu harus pegang kepala si kucing agar tidak banyak bergerak dan masukan kapas ke dalam telinganya.

Cara Memandikan Kucing Sendiri

3. Persiapkan Bahannya


Masukan kucing ke bak mandi dan Tuangkan mama Lemon atau Goop pada ekor dan seluruh badan kucing. Kucing Jantan dewasa biasanya mengeluarkan kelenjar minyak yang berlebih pada ekornya.

Bila tidak sering di cuci dengan sabun anti lemak dapat mengakibatkan ekor menjadi tempat bertumbuhnya jamur dan membuat bulu kucing pada ekor rontok sehingga ekor terlihat kecil.

Lakukan dengan menuangkan sabun cair ke tangan dan sebarkan secara merata keseluruh tubuh kucing. remas-remas rambut selama 10- 15 menit.

Cara Memandikan Kucing Sendiri

4. Siram dengan Air Hangat


Kucing adalah kucing yang mudah terkena flu, jadi usahakan untuk menyiapkan air hangat untuk membilas sabunnya. Kemudian Siram dan bersihkan rambut dengan air hangat sampai tidak ada lagi busa sabun.

Cara Memandikan Kucing Sendiri

5, Siapkan Shampo Kucing


Tuangkan shampo yang telah di encerkan, ikuti aturan pakai shampo pada produknya. Teteskan pada kulit badan dengan cara membuat lajur pada rambut basah, buat 4-5 lajur.

Tujuannya agar shampo tidak terbuang dan dapat merata diseluruh badan, kalau hanya diteteskan diatas rambut penyebaran shampo hanya ada di bagian luar. setelah itu remas-remas sampai merata.

Cara Memandikan Kucing Sendiri

6. Bilas Kembali Busa Pada Tubuh kucing


Setelah memberikan shampo untuk membersihkan tubuhnya, Kemudian kamu siram kembali dengan air hangat sampai Busa-busanya hilang. Ingat untuk menggunakan air hangat ya Catlovers.

Cara Memandikan Kucing Sendiri

7. Berikan Conditioner


Yang terakhir adalah teteskan conditioner, Perlakuannya sama seperti tahap ke 5. Tujuannya agar saat kering nanti bulu kucing nya terasa lembut saat di sentuh. Biasanya kucing yang sering di berikan conditioner akan mendapatkan bulu kucing yang sangat indah.

Cara Memandikan Kucing Sendiri


8. Bersihkan Kembali


Bersihkan kembali dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Tidak boleh ada busa shampo yang tertinggal, karena dapat menyebabkan kulit berkerak jadi coba periksa dengan teliti ya Catlovers.

Cara Memandikan Kucing Sendiri


9. Keringkan Dengan Handuk


Setelah melakukan itu semua langkah selanjutnya adalah kamu angkat dari bak mandi dan mengeringkan kucing dengan Handuk atau Kanebo. Jangan lupa untuk membersihkan wajahnya dengan cara mengelapnya agar tidak ada busa yang tertinggal.

Cara Memandikan Kucing Sendiri

10. Pengeringan Terakhir


Mengeringkan kucing yang terakhir, Pastikan mereka harus benar-benar kering. Bila tidak kering ada kemungkinan kulit yang lembab menjadi sumbernya jamur. Kamu bisa menggunakan hair dryer atau yang lainnya selama tidak menyakiti si kucing ya.

Cara Memandikan Kucing Sendiri

Selesai deh, Kucing kamu sudah terlihat cantik dan indah kembali. Memandikan kucing sendiri sangat membantu mengurangi tingkat stres mereka dan sangat penting juga buat kamu sebagai majikannya agar tidak ada penyakit yang terjadi kepadanya.

Hal ini juga sangat baik untuk meningkatkan hubungan kamu dengan kucing peliharaan kesayangan kamu dan tentunya menghemat uang anda.

Demikian Informasi mengenai Cara Memandikan Kucing Sendiri Dirumah untuk pemula atau kamu yang baru pertama kali mencoba memandikan kucing. Semoga informasi yang kamu baca saat ini bermanfaat dan dapat berguna untuk banyak orang. Terima kasih sudah membaca di website Harus Tau - Situs Informasi Terlengkap. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini jika kamu merasa itu bermanfaat.

0 Response to "√ Cara Memandikan Kucing Sendiri Dirumah Untuk Pemula"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel