Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Via Online 2020 - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Via Online 2020

Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Via Online 2020


Harus-tau.com - Cara mendafar kartu pra kerja bisa kamu lakukan via online dirumah dengan mengakses situs website resminya saja. Untuk pendaftarannya sudah bisa dibuka mulai dari 11 april sampai 16 April 2020 untuk gelombang pertama. Pengumuman hasil seleksi gelombang pertama akan di umumkan pada tanggal 17 April 2020.

Rencananya nanti akan dibuka pendaftaran sampai gelombang ke 30 dan penilaian sistem skoring. Jadi untuk kamu yang ingin mendaftar Kartu Pra kerja silahkan simak artikel ini sampai selesai. Dan jangan takut untuk gagal karena kamu bisa mengulanginya kembali jika gagal di tahap yang pertama.


Syarat Mendaftar Kartu Pra kerja


Keuntungan Kartu Prakerja


Sebelum kamu mulai mendaftar ada beberapa syarat yang diharuskan oleh pemerintah, dan kamu wajib untuk ikuti. Tapi tenang saja, syaratnya tidak terlalu sulit ko. Berikut beberapa syaratnya:
  1. Tercatat sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) di dalam KTP
  2. Harus berusia minimal 18 tahun
  3. Tidak dalam pendidikan Formal

Biaya pelatihan yang akan diberikan pemerintah adalah sebesar Rp. 3.550.000 . Dengan rincian sebagai berikut :
  1. Rp. 1.000.000 untuk biaya pelatihan
  2. Rp. 2.400.000 untuk insentif selama pelatihan (Uang ini akan dicicil Rp. 600.000 selama 4 bulan)
  3. Rp. 150.000 untuk insentif survey usai pelatihan (Uang ini akan dicicil Rp. 50.000 selama 3 bulan

Setelah memenuhi syarat-syarat tersebut maka kamu bisa langsung mendaftar di website resminya. Tetapi jika kamu masih bingung, silahkan ikuti tutorial cara mendaftar kartu pra kerja di bawah ini.


Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja






Untuk mendapatkan kartu pra kerja kamu bisa langsung mendaftar di situs resminya disini Prakerja.go.id nanti disana sudah ada tombol button untuk mendaftar. Untuk cara pendaftarannya kamu bisa mengikuti beberapa cara sebagai berikut :

1. Membuat Akun Identitas


Membuat Akun Identitas Kartu Pra kerja


Hal yang pertama adalah kamu harus mendaftarkan email kamu tersebut untuk membuat akun identitas yang akan digunakan untuk dapat masuk ke dalam website Prakerja. Akun ini sangat penting untuk digunakan agar kamu bisa mendaftar.

Cara membuatnya tinggal kamu klik daftar pada halaman website Kartu Prakerja dan isi alamat email kamu dan password yang akan kamu gunakan. Pastikan email yang telah di isi adalah alamat email asli karena akan digunakan untuk verifikasi dan langkah pelatihan selanjutnya.

2. Isi Identitas Diri


Tiga Tahap Verifikasi Indentitas Kartu Pra Kerja


Setelah kamu mendaftarkan alamat email kamu, maka akan ada email verifikasi untuk memastikan bahwa itu adalah alamat email yang benar. Langsung klik saja verifikasi dan kamu akan dibawa ke halaman login.

Silahkan lakukan login pada akun anda sesuai alamat email dan password yang telah di daftarkan. Maka langkah selanjutnya adalah kamu akan diminta untuk mengisir identitas diri sesuai dengan KTP . Ada 3 tahap dalam pengisian identitas diri ini. Berikut beberapa tahapnya:

1. Verifikasi KTP


Di tahap pertama kamu ini kamu akan diminta untuk Memasukan Nomor KTP dan formulir pendaftaran, pastikan KTP kamu adalah Indonesia dan sudah berusia 18 tahun. Lalu isi formulir lainnya sesuai dengan data yang sebenarnya.

2. Verifikasi Data Diri


Tahap Kedua kamu akan diminta untuk mengisi form identitas diri seperti Nama, Alamat Lengkap, dan Jenis Kelamin. Silahkan isi saja sesuai identitas diri kamu yang sebenarnya dan pastikan untuk memeriksa tidak ada yang salah dalam pengisian tersebut.

Kamu akan diminta untuk memberikan foto KTP lengkap tanpa ada yang terpotong dan  gambarnya jelas. Kamu bisa memfoto ktp nya pada siang hari agar mendapatkan gambar yang jelas.

Selanjutnya juga kamu diminta untuk selfie dengan memegang foto ktp tersebut untuk memastikan bahwa itu adalah KTP punya kamu. Untuk yang Tidak bisa upload foto KTP di Formulir Pra Kerja kemungkinan server penuh, jadi coba upload waktu malam hari saja.

3. Verifikasi Nomor Handphone


Tahap terakhir adalah kamu akan diminta untuk mengisi form nomor Handphone kamu. Silahkan isi saja dengan nomor Handphone yang selalu kamu gunakan. Karena nanti akan dipakai untuk mendapatkan informasi penting.

3. Melakukan Tes Online


Tes Online Kartu Pra kerja


Setelah kamu mendaftar, kemudian kamu akan diarahkan ke dalam tes Online. Tes tersebut adalah untuk menilai motivasi dan kemampuan dasar kamu. Nanti kita akan bahas mengenai Tes Online ini dibawah secara lebih lengkap.

Setelah melakukan tes, nanti nilai kamu akan di evaluasi dan bisa di lihat pada hasil pengumuman tes yang akan diberikan oleh pemerintah.

Sampai disini kamu sudah selesai mendaftar dan tinggal menunggu waktu pengumumannya saja. Jika kamu tidak lulus maka kamu bisa mengikuti tes selanjutnya tanpa harus mendaftarkan ulang kembali seperti di atas. Yang terpenting adalah kamu sudah mempunyai Akun untuk login di halaman Website tersebut.

Soal Tes Online Kartu Pra Kerja


Soal Tes Online Kartu Pra Kerja


Ok, selanjutnya juga ada yang penasaran dengan Soal Tes Online Kartu pra kerja itu seperti apa ? Sulit atau susah? Saya berani menjawab bahwa soal tersebut sangat mudah dan saya yakin kamu semua pasti menjawabnya. Tapi mungkin disini saya akan membahas beberapa soal yang akan keluar.

Mengenai Soal Tes Online Kartu Pra kerja


Sebelum kamu mulai mengerjakan soal tersebut, akan ada beberapa panduan dan soal apa saja yang bisa dibahas. Mungkin kamu bisa menyiapkan alat tulis dan kalkulator karena akan ada soal matematika.

Untuk pengerjaan nya adalah 25 menit untuk 18 soal, jika kamu belum selesai dalam waktu yang telah ditentukan maka semua soal yang sudah dijawab akan dianggap selesai. Beberapa Soal yang akan keluar adalah sebagai berikut:

1. Soal Matimateka


Mungkin ada 5 sampai 7 untuk soal matematika. Kebanyakan dari soal tersebut adalah penjumlahan dalam bentuk pecahan.

Contohnya seperti : 3/5 + 5/5

Kurang lebih seperti itu dan soal lainnya hanya penjumlahan biasa.

2. Soal Instruksi


Akan ada beberapa data yang akan ditampilkan dan kamu akan menjawab sesuai dari instruksi pertanyaan tersebut.

Contohnya seperti : Ada grafik tabel dari yang terendah dan terkecil, nanti kamu akan diminta untuk menjawab mana yang terbesar

Kurang lebih seperti itu, saya rasa jika kamu teliti pasti bisa menjawab soal tersebut dengan baik.

3. Soal Pemahaman


Mungkin ini adalah pertanyaan yang menjerumus ke arah pribadi dari masing-masing orang. Saran saya adalah jawab saja sesuai apa yang terjadi pada diri kamu.

Contohnya seperti : Setuju/Tidak setuju, jika kamu adalah orang yang pemalas

kamu hanya boleh menjawab sangat setuju, setuju, kurang setuju, netral, tidak setuju dan jawaban tersebut adalah murni berasal dari diri kamu masing-masing.

Ok, Demikian informasi mengenai Cara Mendaftar Kartu Prakerja dan Pembahasan Soal Tes Online tersebut. Saya doakan kamu semua bisa cepat mendapat pekerjaan dan bisa menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Ingat untuk selalu menjaga kesehatan agar kamu bisa bekerja dengan baik dan keluarga kamu tetap sehat. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di website Harus Tau - Situs Informasi Terlengkap .

0 Response to "Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Via Online 2020"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel