√ 10+ Cara Merawat Kucing Yang Harus Kamu Lakukan - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

√ 10+ Cara Merawat Kucing Yang Harus Kamu Lakukan

Cara Merawat Kucing


Harus-tau.com - Cara Merawat Kucing adalah suatu keharusan bagi kamu yang memelihara hewan berbulu ini. Meskipun terlihat susah dan melelahkan, tetapi rasanya akan berbeda saat kamu benar-benar sayang kepada mereka. Lalu bagaimana jika kamu baru memeliharanya? Nah, maka artikel ini tepat untuk kamu. Karena disini kita juga akan membahas bagaimana Cara Merawat Kucing Untuk Pemula.

Di dalam artikel ini akan banyak sekali pembahasan mengenai cara merawat kucing. Alasan artikel ini dibuat adalah Karena banyak sekali pertanyaan Cara merawat kucing dari para Catlovers. Sebenarnya tidak sulit untuk menjawabnya. Tetapi saya buat ini agar semua yang memiliki pertanyaan sama bisa belajar bersama. Daftar isi di dalam pembahasan ini adalah sebagi berikut.


Memahami Kucing Memeliharanya dengan Baik


Cara memelihara kucing


Sebelum kamu mulai untuk merawat hewan peliharaan kamu, Maka ada baiknya kamu harus memahaminya terlebih dahulu. Kucing merupakan Binatang dengan tingkat sosial yang tinggi, Bukan hanya kepada sesama hewan tetapi juga kepada manusia seperti kita sebagai pemiliknya.

Dengan tingkat sosial yang tinggi maka kucing bisa dengan mudah akrab dengan pemiliknya. Dan sebagai pemiliknya, maka kamu harus Merawat kucing dan melakukan Grooming harian sehingga kucing kamu selalu terlihat baik.

Anak Kucing biasanya akan belajar dan meng imitasi dari apa yang ada di lingkungan nya. Jadi jika kamu ingin merawat kucing kecil cara terbaiknya adalah biarkan dia tumbuh bersama induknya. Nanti dia akan belajar dan tumbuh dengan sendirinya.

Beberapa contohnya seperti ini, Misalnya kelakuan ibunya yang marah saat di dekati oleh manusia, bayi kucing akan mempelajari kelakuan ibunya dan akan mempunyai sikap yang sama seperti ibunya. Begitu juga dengan kebiasaan saat mencari makan, apa yang dilihat dari induknya akan di ikuti oleh anaknya.

Nah itulah pentingnya mengapa harus merawat kucing dari kecil. Karena Jika kucing sudah kita rawat dari kecil bersama dengan ibunya. Anak kucing tersebut akan dengan mudah melihat aktifitas sehari-hari yang ada dirumah dan akan gampang akrab dengan pemiliknya.

Alasan Mengapa Merawat Kucing Liar Lebih Susah


cara merawat kucing liar

Kucing Liar adalah mereka yang lahir dan besar di alam tanpa mengenal manusia atau pemiliknya, yang mereka tau hanya predator dan makanan. Maka dari itu biasanya kucing liar akan lebih galak saat bertemu dengan manusia, karena mereka menganggapnya sebagai predator.

Tapi itu bukan berarti kucing liar tidak bisa di rawat dan di besarkan dengan baik layaknya jenis ras yang lain. Malah menurut saya sendiri, lebih mudah merawat kucing liar dari pada ras, karena biaya lebih murah dan lebih tahan penyakit.

Yang menjadi masalah disini adalah karena biasanya kebanyakan dari mereka galak dan kita jadi kesusahan merawatnya. Iya itu memang adalah sifat alaminya, waktu pertama kali bertemu dengan manusia. Karakter Kucing dapat disebabkan oleh Genetik dan Perlakuan pemilik sejak kucing masih kecil atau pertama kali bertemu. Jadi jika kamu merawatnya dengan baik atau menjaga mereka, maka mereka akan melakukan hal yang sama.

Inilah Pentingnya teks prosedur cara memelihara kucing untuk melakukan perawatan rutin yang harus dilakukan, misalnya Grooming sejak masih kecil sehingga saat sudah besar kucing kita nanti bisa lebih baik.

Cara Merawat Kucing Yang Kamu Harus Lakukan


Cara merawat kucing untuk pemula

Beberapa cara merawat kucing di artikel ini bisa kamu terapkan untuk semua jenis kucing, mulai dari Kucing Ras seperti Anggora, Persia, Maine Coon, Scootish Fold, British, Siam dan lainnya. Selain itu Kucing Mix dome dan domestik atau lokal bisa juga di rawat dengan menggunakan cara ini.

Karena saya akan membahas bagaimana caranya merawat kucing secara luas. Tetapi jika sekiranya ada yang tidak cocok untuk jenis rasnya. Bisa langsung kamu lewati atau sesuaikan saja ya. Berikut ini beberapa cara merawat Kucing Yang Baik dan Benar :

1. Memberinya Makanan Yang Cukup


Cara memberikan makanan kucing

Saat kamu sudah mulai untuk memutuskan memelihara seekor hewan peliharan. Maka kamu sudah siap dengan pengeluaran lebih yang harus kamu keluarkan. Mempunyai hewan peliharaan, ibaratkan seperti mempunyai keluarga sendiri. Ibarat susah senang bersama memang benar adanya.

Jadi saat kamu makan sehari-hari maka jangan lupa juga memberi hewan peliharaan kamu makan. Bagaimana Cara Memberi makan kucing? Tinggal kamu berikan saja, Makanan yang terbaik untuk kucing adalah ikan, walapun jenis mereka berbeda antara kucing kampung atau ras, tetapi mereka biasanya akan tetap memakannya. Kamu bisa membelinya murah dipasar, dan bisa mencampurkannya dengan nasi jika ingin lebih hemat.

Saat kamu mempunyai uang banyak, belilah makanan yang dijual di supermarket, karena kandungan nutrisi dan proteinnya sangat lengkap dan memang khusus untuk kucing.

2. Memberinya Tempat Tinggal atau Kandang


cara merawat kucing di kandang

Sebagaimana keluarga, kamu tentu harus memberikannya tempat tinggal. Kebanyakan Catlovers tidak terlalu memperdulikan ini karena mereka semua di bawa masuk untuk tinggal bersama di dalam rumah. Tetapi untuk kamu yang masih pemula atau pertama kali memelihara kucing pasti akan mendapatkan banyak masalah, seperti kotorannya sembarangan, bulunya menempel dimana-mana dan banyak lagi lainnya.

Maka dari itu, saran saya untuk kamu yang pemula atau pertama kali ingin merawat kucing adalah berikan kandang atau tempat tinggal untuknya. Jika dirasa kandang kucing terlalu mahal, maka kamu bisa membuatnya sendiri dengan kreatifitas kamu. Setelah itu siapkan lah literbox sebagai tempat kotoran mereka agar tidak berantakan.

3. Rajin Menyisir Bulunya


Menyisir Rambut kucing

Menyisir rambut si kucing adalah hal yang bisa kamu lakukan setiap 1 kali sehari. Biasanya kucing yang tidak pernah disisir akan sering rontok dan bulunya bisa terbang kemana-mana. Bulu kucing yang terbang kemana-mana bisa berbahaya jika tidak sengaja kita hirup. Maka dari itu biasakan untuk menyisir kucing setiap hari sekali.

Oh iya, Kondisi si kucing juga harus kering jangan sampai ada air atau saat keadaan basah karena itu malah bisa membuat bulu kucing rontok. Untuk Cara Menyisir Rambut Kucing Yang Baik dan Benar kamu bisa baca di artikel ini Cara Menyisir Rambut Kucing

4. Membersihkan Kotoran Matanya


membersihkan kotoran mata kucing

Membersihkan Mata kucing bisa kamu lakukan setiap hari. Tapi tidak harus setiap saat, mengingat kucing adalah hewan yang suka sekali tidur maka setiap hari pasti akan ada kotoran di matanya. Walapun hanya sedikit tetapi jika dibiarkan terus menerus kotoran itu bisa jadi banyak.

Walaupun secara alami mereka adalah hewan yang bersih tetapi kucing tetap tidak bisa membersihkan kotoran matanya sendiri. Maka disinilah peran kamu sebagai pemiliknya untuk selalu membersihkannya. Jika kamu bingung bagaimana caranya, bisa langsung baca saja di artikel ini Cara Membersihkan Mata Kucing

5. Membersihkan Lubang Telinganya


Membersihkan lubang telinga kucing

Membersihkan lubang telinga kucing bisa kamu lakukan setiap minggu sekali atau sebulan sekali tergantung dari kondisi telinga kucing kamu. Tidak perlu melakukannya setiap hari karena bisa melukai mereka jika terlalu sering membersihkan telinganya.

Cukup lakukan seminggu sekali dan rutin untuk melakukannya, Cara ini bertujuan agar tidak ada kotoran atau kerak yang berada pada dalam telinga mereka. Selain itu juga bisa menghindarinya dari penyakit. Untuk artikel lengkapnya mengenai Cara membersihkan telinganya kamu bisa baca disini Cara Membersihkan Telinga Kucing

6. Memotong Kukunya


Memotong Kuku Kucing

Banyak orang yang menganggap memotong kucing bisa membunuh si kucing. Sebenarnya menurut saya itu adalah mitos lama. Mungkin Memang benar karena jika kamu tidak memotong kucing dengan benar kucing tersebut bisa mati atau kamu memotong kukunya dan melepaskannya kembali, maka kemungkinan bisa mati.

Baca Juga :Arti Dari Mimpi Kucing

Tetapi berbeda jika kamu dengan tulus dan kasih sayang merawatnya. Memotong kukunya merupakan suatu hal yang harus dilakukan untuk meminimalkan resiko kamu tercakar saat bermain atau memandikannya. Selain itu ternyata memotong kuku juga merupakan salah satu untuk menjaga kebersihannya.

Hal yang harus kamu tau saat memotong kukunya adalah Pembuluh darahnya berada di dalam kuku, jadi bagian kuku yang bisa kamu potong hanya bagian kecil ujungnya saja. Jika kamu memotong sangat dalam maka itu akan melukai si kucing dan akan sangat fatal bagi hewan peliharaan kamu.

Untuk memotong kuku kucing kamu bisa melakukannya saat kamu merasa kukunya sudah panjang. Tetapi jangan kamu potong setiap hari ya. Untuk membaca artikel lengkapnya mengenai panduan memotong kuku kucing yang baik kamu bisa baca disini Cara Memotong Kuku Kucing

7.Memotong Bulunya Yang Berantakan


Memotong Rambut Kucing

Sebenarnya memotong rambut kucing ini merupakan pilihan dari majikannya. Jika di rasa Anabul kamu sudah memiliki rambut yang panjang atau berantakan maka kamu boleh memotongnya sedikit. Biasanya, kucing yang sering di potong atau ditata bulunya adalah merupakan kucing yang di ikut sertakan dalam kontes. Karena penampilan dan kesehatan bulunya merupakan penilaian tersendiri.

Untuk kamu yang sering memotong rambutnya harus ingat untuk jangan memotong rambutnya sampai botak. Karena mereka bisa sangat kedinginan dan mungkin akan terbunuh. Di dunia ini hanya ada beberapa kucing saja yang bisa hidup tanpa bulu.

Tapi jika kamu ingin membuat bulu mereka terlihat rapi, Silahkan baca artikel lengkapnya mengenai panduan memotong bulu kucing yang baik disini . Cara Memotong Bulu Kucing Yang Baik dan Benar

8. Menyikat Giginya


Menyikat Gigi kucing


Sama seperti memotong rambut, untuk menyikat gigi si kucing bisa kamu lakukan seperlunya saja tidak harus menyikat gigi mereka setiap hari. Jangan pernah menggunakan pasta gigi untuk manusia kepadanya, jika kamu ingin menyikat giginya, maka gunakanlah pasta gigi khusus kucing. Kamu bisa membelinya di toko hewan atau toko online.

Tujuan menyikat giginya adalah untuk menjaga kebersihan dan menjauhkannya dari penyakit. Selain itu juga membuat mulut mereka tidak terlalu bau dan bersih.

Baca Juga :Ciri - Ciri Kucing Kamu Lagi Hamil Dan Cara Merawatnya

9. Rajin Memandikannya


Memandikan Kucing

Bagaimana Cara Memandikan Kucing ? Memandikan kucing adalah hal yang wajib harus kamu lakukan. Biasanya para cat lover sering memandikan kucing seminggu atau sebulan sekali. Memandikan kucing sangat baik untuk pertumbuhan bulu mereka dan tentu saja untuk mengusir para kutu yang sering menganggu kucing kamu.

Tapi biasanya untuk yang pertama kali memelihara kucing atau pemula akan sangat sulit untuk memandikannya. Maka dari itu silahkan baca artikel lengkapnya mengenai panduan memandikan kucing disini, Cara Memandikan Kucing Yang Baik Untuk Pemula

10. Mengajaknya Bermain


Cara merawat kucing dan mengajaknya bermain

Jika semua kebutuhannya telah terpenuhi maka kamu bisa mengajaknya bermain. Salah satu tujuan mengajak mereka bermain adalah untuk melatih respon dan keaktifannya. Agar tidak mudah sakit dan bisa bergerak lincah saat diajak bermain.

Kucing yang jarang di ajak bermain cenderung akan tertidur seharian, karena mereka adalah tipikal hewan yang mudah sekali bosan dan malas. Tidur adalah menjadi kebiasaannya, sebenarnya jika kamu memberikannya makanan rutin dan mereka hanya tidur, tentu saja tidak baik juga bagi kesehatannya karena bisa menimbulkan obesitas. Maka dari itu cobalah untuk sesekali mengajaknya bermain.

11. Selalu Periksakan Kesehatannya


Cara menjaga kesehatan kucing

Yang terakhir adalah salah satu point yang sangat penting. Kamu harus rajin memeriksa kesehatan mereka. Jika sehari-hari ada yang berbeda dari tingkah lakunya atau kotoran dan porsi makannya, maka ada kemungkinan kucing kamu sedang sakit. Solusi terbaik adalah dengan konsultasikan kepada dokter hewan atau sesama pecinta kucing di Indonesia banyak ko komunitasnya dan mereka semua sangat peduli.

Ok itulah Bagaimana Cara Merawat Kucing Yang Baik dan Benar. Sebenarnya jika kamu sudah sering melakukan cara diatas, maka nanti kedepannya akan tidak terlalu sulit. Kecuali kamu yang memelihara kucing sendirian dirumah pasti akan sangat sulit menjaga dan merawatnya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga apa yang saya tulis bermanfaat dan bisa berguna untuk kamu semua. Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar. Dan Ingat selalu untuk sayangi kucing kamu jangan pernah sekali-kali malas untuk merawatnya. Karena kebanyakan kucing sudah dianggap keluarga oleh para catlovers.

0 Response to "√ 10+ Cara Merawat Kucing Yang Harus Kamu Lakukan"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel