Cara Mencukur dan merapikan Bulu Kucing Yang Baik Dan Benar - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Cara Mencukur dan merapikan Bulu Kucing Yang Baik Dan Benar

Cara Mencukur dan merapihkan Rambut Kucing Yang Baik Dan Benar

Cara Mencukur dan merapikan Bulu Kucing Yang Baik Dan Benar - Harus-Tau.com - Mencukur dan merapikan bulu kucing adalah salah satu dari 7 langkah perawatan rutin kucing yang kamu harus lakukan. Sebagai pecinta kucing, maka kamu harus menjaga kerapihan dari bulu si kucing. Karena bulu kucing yang sangat panjang juga tidak terlalu bagus.

Tujuannya mencukur dan merapikan bulu kucing adalah agar bulu kucing terawat dan rapih, Tidak berantakan. Karena kucing itu sama seperti kita, kenapa kita harus rutin memotong atau merapikan bulu kita ke Salon.

Cara Mencukur Bulu Kucing


Ada beberapa bagian bulu yang Umum di rapihkan. Tentunya tergantung dari ras kucingnya dan bulunya. 

Untuk kucing pada umumnya yang di rapihkan atau di potong bulunya adalah pada bagian sebagai berikut:
  •  Bulu Ujung kuping.
  •  Bulu pada telapak Kaki.
  •  Bulu pada Ujung Buntut.
  •  Bulu pada bagian Muka.

Alat Yang Di Butuhkan


Gunting Rambut 


Gunting Rambut Kucing

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mencukur bulu kucing hanya perlu menggunakan gunting bulu. Usahakan untuk menggunakan gunting bulu yang asli jangan gunting kertas atau yang lainnya ya.

1. Mencukur bulu pada ujung kuping Kucing Persia / Exotic


Hal yang pertama akan kita lakukan adalah mencukur bulu pada bagian ujung kuping. Kamu bisa melakukan cara ini untuk kucing persia atau kucing exotic lainnya.

Tujuannya mencukur rambut kucing pada bagian ujung kuping adalah agar Kuping terlihat kecil dan Bulat. Biasanya hal ini di lakukan untuk kucing-kucing Ras yang mempunyai standar kuping kecil dan Bulat seperti ras Persia dan Ragdol. Tetapi tidak berlaku untuk kucing ras Maine coon dan kucing yang mempunyai standart kuping tinggi.

Cara Mencukur Bulu Bagian Ujung Kuping



1. Pegang ujung Kuping 


Cara Mencukur Bagian Ujung Kuping

Seperti di gambar, ujung kuping sejajar dengan jari kita tujuannya jangan sampai daun kuping ikut terpotong. Karena bisa berbaya bagi si kucing.

2. Gunting Ujung Rambutnya


Cara Mencukur Bagian Ujung Kuping

Gunting Ujung rambut nya perlahan sehingga rata dengan Daun telinga. Ingat hanya gunting bulunya bagian telinga yang keluar saja. Tidak perlu memotong sampai dalam. Perhatikan daun telinga kucing dari luar jika sekiranya sudah rata maka sudah cukup.

3. Lakukan Secara Merata


Cara Mencukur Bagian Ujung Kuping

Yang terakhir adalah lakukan pemotongan secara merata di kedua telinga kucing. Pastikan kamu melakukannya dengan lembut dan tidak membuat kucingnya panik.

2. Mencukur Bulu Kucing pada Bagian Ujung Buntut


Hal yang harus kamu cukur nomor 2 adalah pada bagian ujung buntut si kucing. Untuk mencukurnya kamu tidak perlu melakukannya sampai semua bulu di buntutnya kamu cukur. Tujuan mencukur Rambut kucing pada bagian ujung buntut adalah Agar Buntut Kucing terlihat besar tidak lancip.

Cara Mencukur Bulu Kucing Pada Bagian Ujung Buntut


Cara Mencukur Rambut Kucing Pada Bagian Ujung Buntut

1. Pegang Ujung Buntut


Pegang ujung buntut yang akan di potong, pastikan kamu sudah benar memegang ekornya. Raba dengan tangan apakah tangan kamu sudah mencapai pada bagian ujung buntut si kucing.

2. Gunting Ujung Bulu di Buntut Kucing


Kemudian di gunting saja ujung rambut nya. Potong sedikit saja jangan terlalu banyak dan terlalu dalam. Tujuannya adalah untuk membuat bulu di bagian buntut besar, jadi jangan memotong ujung ekor terlihat

3. Mencukur Bulu Pada telapak kaki Kucing


Mencukur Rambut Pada telapak kaki Kucing

Mencukur bulu pada telapak kaki kucing adalah langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya. Tujuan dari mencukur bulu pada telapak kaki kucing adalah agar kucing tidak sakit waktu berjalan dan tidak mudah terpeleset.

Cara Mencukur bulu Pada Bagian Telapak Kaki Kucing


Cara Mencukur Rambut Pada Bagian Telapak Kaki Kucing

Yang pertama kamu harus lakukan adalah Pegang kaki kucing dengan hati hati. Karena kucing sangat sensitif saat dipegang kakinya. Kemudian balik kakinya sehingga terlihat telapak kakinya. Jika sudah kamu akan melihat bulu yang berantakan di bawah kakinya dan kemudian potong saja bulunya.



3. Mencukur Dan Merapikan Bulu wajah Kucing


Yang Harus kamu lakukan selanjutnya adalah mencukur dan merapikan bulu wajah kucing. Tujuannya adalah Untuk membuat wajah kucing terlihat rapi dan bulat. Karena kucing akan terlihat lebih lucu saat bentuk wajahnya bulat. Mencukur dan merapikan bulu wajah kucing biasanya di lakukan untuk Kucing Persia.

Cara Mencukur dan Merapikan Bulu Wajah Kucing


1. Tarik dengan tangan bulu yang akan di rapi kan


Cara Mencukur dan Merapikan Rambut Wajah Kucing

Tarik dengan satu tangan bulu yang akan di rapihkan tujuannya hanya untuk membuat bulu si kucing lebih keluar dan kelihatan rambut mana yang tidak rapi.

2. Gunting bulu yang tidak rata


Cara Mencukur dan Merapikan Rambut Wajah Kucing

Kemudian guntinglah pada bagian bulu yang tidak rata. Buatlah bulu si kucing sebulat mungkin dan perhatikan kumis si kucing jangan sampai terpotong.

3. Lakukan pemotongan pada sisi lain.


Cara Mencukur dan Merapikan Rambut Wajah Kucing

Selanjutnya adalah lakukan pemotongan pada bagian sisi yang lain. Usahakan agar rata dan tidak berbeda dari sisi satunya.

Hasil Dari Pemotongan dan Perapihan bulu di Wajah Kucing


Cara Mencukur dan Merapikan Rambut Wajah Kucing

Kadang kita merasa takut untuk memotong bulu kucing. Semua sama banyak dari catlovers juga yang awalnya semua merasa takut. Tetapi jangan takut dan terus berlatih, bila salah ulang lagi sampai anda mahir.

karena dengan terus berlatih kita akan menjadi mahir. Dan perlu di ingat bulu kucing sama dengan rambut manusia, bila botak akan dapat tumbuh kembali. Jadi jangan takut untuk memotong bulu si kucing di rumah.

0 Response to "Cara Mencukur dan merapikan Bulu Kucing Yang Baik Dan Benar"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel