Motivasi Jamaah Haji Berkunjung Ke Madinah - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Motivasi Jamaah Haji Berkunjung Ke Madinah

Motivasi Jamaah Haji Berkunjung Ke Madinah

Motivasi jamaah haji untuk berkunjung ke Madinah adalah untuk melakukan ZIARAH KE MAKAM RASULULLAH. Motivasi ini merupakan yg paling utama, adapun motivasi lainnya semacam berkunjung ke masjid Quba juga melakukan shalat Arba’in di Masjid Nabawi merupakan motivasi lainnya.

Di kota ini, jamaah umroh bisa melakukan amalan-amalan lain yg utama, untuk memperoleh pahala lebih dari Allah Swt. Amalan utama yang lainnya adalah sebagai berikut :

Salat di Masjid Nabawi

Salat di Masjid Nabawi mempunyai keutamaan yg sangat besar. Hal ini sesuai sabda dari Rasulullah Saw yg diriwayatkan oleh hadis riwayat Bukhari serta Muslim. Sabda rasul: “Satu salat di masjidku ini, lebih baik dari pada seribu salat di daerah lain, kecuali Masjidilharam.”

Dapat disimpulkan, apabila melaksanakan satu salat fardu saja di masjid ini, sama saja dengan salat wajib di masjid lain selama 200 hari. Jadi, jangan hingga terlewat menunaikan salat di masjid ini.

Salat Arbain

Seperti dijelaskan di atas, salat satu kali di Masjid Nabawi pahalanya sama dengan mengerjakan salat selagi 200 hari. Berdasarkan faktor ini, tersedia juga amalan salat lain yg dapat dikerjakan di Masjid Nabawi, yaitu Salat Arbain. Salat ini adalah salat berjamaah yg wajib dilakukan dengan cara semakin menerus selagi 40 kali berturut-turt dalam 8 hari.

 Ibadah di Raudhah

Raudhah mampu diartikan sebagai taman. Di Masjid Nabawi, ada satu kawasan khusus yg disebut sebagai taman surga. Ini berdasarkan dari sabda Rasulullah yg diriwayatkan oleh hadis bukhari serta muslim yg berbunyi: “Tempat yg terletak di antara rumah serta mimbarku merupakan salah satu di antara taman-taman surga.”

Beribadah di Raudhah mampu dengan melakukan salat sunah, berdzikir, serta menyimak Alquran. Semua ibadah yg dilakukan wajib khusyuk serta tak terganggu. Untuk salat wajib, diutamakan untuk melakukannya di saf-saf di depan Raudhah yg lebih utama.

Belajar Islam di Masjid Nabawi

Amalan yg dapat dilakukan di Masjid Nabawi merupakan dengan berniat belajar alias membimbing ilmu agama. Sesuai dengan sabda Rasulullah Saw yg berbunyi: “Barangsiapa mendatangi masjidku ini, ia tak datang kecuali untuk kebaikan yg ingin dirinya pelajari alias diajarkan, jadi kedudukannya semacam mujahid di jalan Allah. Dan barangsiapa datang untuk tidak hanya itu, jadi ia laksana orang-orang yg hanya memandang barang orang-orang lain.” [HR. Ibnu Majah]

Berziarah ke Makam Rasulullah Saw

Ziarah ke makam Rasulullah Saw bermaksud untuk mendoakan serta mengirimkan selawat terhadap beliau. Dilarang untuk menjadikan makam beliau sebagai kawasan memohon alias meratap. Ziarah ini juga dilakukan sekali waktu saja, tak boleh dilakukan selalu serta menjadi kebiasaan.

Salat di Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid pertama yg dibuat oleh Rasulullah Saw di Kota Quba yg terletak di tenggara kota Madinah. Salat di masjid ini juga adalah salah satu amalan mutlak yg dapat dikerjakan dikala sedang umroh serta mengunjungi madinah. Hadis rasul yg menyatakan mengenai kemuliaan Masjid Quba ini berbunyi: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, lalu mendatangi Masjid Quba serta salat di sana satu salat, ia memperoleh pahala semacam pahala umrah.” [HR. Ibnu Majah]

Selalu Bersabar Menghadapi Cuaca di Madinah

Cuaca serta suhu Kota Madinah yg tidak sama dengan Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi para jamaah umroh dalam melakukan amalan-amalan di sana. Oleh sebab itu, tetaplah bersabar untuk bisa memperoleh kemuliaan di mata Allah Swt.

Demikian 7 amalan yg bisa dilakukan ketika umroh serta singgah di Kota Madinah. Jangan hingga terlupa untuk melakukan amalan-amalan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel