Tentang Kucing Siam : Ciri, Harga Dan Cara Merawatnya - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Tentang Kucing Siam : Ciri, Harga Dan Cara Merawatnya

Kucing Siam


Kucing Siam - Harus-tau.com , Kucing Siam adalah salah satu kucing ras yang berasal dari negara Thailand, oleh sebab itu mereka menamainya Siam yang menjadi nama negara Thailand sebelumnya. Kucing Siam merupakan jenis kucing domestik asli dari Negara Thailand, jadi Ia sangat mudah di temukan di sana.

Di dalam artikel ini kita akan membahas apa saja ciri ciri kucing siam, berapa harga dari kucing siam, dan bagaimana cara merawat kucing siam yang baik. Jadi, silahkan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi yang berguna untuk kamu.


Sejarah Kucing Siam


Menurut Wikipedia, Awal mula kucing ras Siam terkenal dan populer adalah karena pada waktu itu kucing siam di jadikan hadiah untuk kedutaan Duta Besar Britania Raya di Thailand. Setelah itu jenis ini di bawa ke eropa dan menjadi lebih terkenal disana.

Kemunculan Kucing Siam ke Eropa terjadi pada Abad ke-18. Dan menjadi kucing ras murni dari thailand yang terkenal dan populer disana. Selanjutnya kucing ini banyak di gemari dan semakin dikenal hingga sekarang. Banyaknya Fakta dan Mitos Tentang Kucing Siam juga menjadikan mereka semakin dikenal masyarakat luas.
Back to Content

Ciri Ciri Kucing Siam

Ciri-Ciri Kucing Siam

Sebagai salah satu kucing ras, tentu saja pasti memiliki ciri kucing yang khas dan keunikannya sendiri. Begitu pula dengan ras ini. Kucing Siamese asli memiliki ciri ciri yang berbeda dari kucing jenis lainnya. Dalam beberapa artikel,

kucing ini memiliki 3 jenis berbeda yaitu Kucing Siam Tradisional ( Siam kepala Apel ), Kucing Siam Klasik, dan Kucing Siam Modern, silahkan Klik link ini untuk membaca artikel lengkap mengenai Jenis Jenis Kucing Siam . Dari ke tiga jenis itu, kucing ini memiliki beberapa ciri yang hampir sama. Adapun Ciriciri kucing siam asli adalah sebagai Berikut;

1. Memiliki Bentuk Kepala Seperti Apel


Jika kamu perhatikan bentuk kepala dari kucing ini membentuk sebuah lingkaran bulat seperti Apel. Jenis yang memiliki bentuk kepala sama adalah Siam Tradisional dan Siam Klasik. Sedangkan untuk Siam Modern bentuk kepalanya terlihat lebih lancip dibandingkan jenis lainnya.

2. Memiliki Tubuh Bulat dan Ramping


Bentuk dari Tubuh kucing Siam ini terlihat bulat dan kuat. Sekilas penampilannya seperti tubuh kucing domestik yang ada di Indonesia, hanya saja perbedaanya adalah kucing domestik memiliki tubuh panjang dan Siam memiliki tubuh yang bulat.

3. Ekor Dan Kaki Yang Panjang


Jika diperhatikan ekor dan kakinya mereka panjang. Ekornya tidak melipat, melingkar ataupun pendek. Dan kakinya panjang seperti jenis kucing Sphinx. Salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah di ekor dan kakinya terdapat warna hitam yang menjadi ciri khas kucing ini.

4. Memiliki Corak Gelap Di Wajah


Ini adalah salah satu ciri khas yang menjadi pembeda Siam dengan jenis ras lain. Karena di wajahnya terdapat Pola warna kucing siam yang gelap yang menutupi matanya dan hidungnya, Bahkan telinganya juga bewarna gelap. pola warna kucing siam yang gelap tersebut bisa berbeda berdasarkan faktor genetiknya.

Salah satu dari warna bulu nya adalah ungu, biru, lynx, merah, coklat tua atau Hitam. Oleh sebab itu lebih mudah membedakan Kucing Siam dengan Kucing Ras Lainnya, Karena warna kucing siam memiliki ciri khas tersendiri.

5. Memiliki Mata Bewarna Biru


Hampir semua kucing jenis Siam memiliki mata yang berwarna biru yang indah. Warna tersebut merupakan ciri khas asli dari jenis ras ini. Tidak heran jika banyak dari catlovers yang terkagum melihat warna matanya yang Indah.

Mata yang bewarna biru tersebut dikarenakan siam adalah kucing jenis albino sehingga mempunyai pigmen mata yang berbeda dan membuat warnanya terlihat biru.

6. Memiliki Bulu Pendek


Ras ini adalah kucing yang hidup di daerah tropis ASEAN, lebih tepatnya berasal dari Negara Thailand yang mana merupakan salah satu negara beriklim hangat. Jadi jenis ini memiliki bulu pendek yang menyesuaikan dengan iklim negaranya.

Sekarang kamu sudah tau apa saja ciri-ciri dari Kucing Siam. Pada pembahasan selanjutnya kita akan memberikan informasi mengenai  kepribadian dan karakteristik dari Jenis  ini. Jika kamu sudah mulai tertarik dengan ras ini, maka silahkan lihat seperti apa kucing karakter kucing ini. Kita sudah merangkum beberapa kepribadian dan karakteristik Kucing Siam sebagai berikut;
Back to Content

Karakter Dan Kepribadian Kucing Siam

Karakter Dan Kepribadian Kucing Siam

Jika kamu tertarik ingin memelihara jenis ras kucing ini sebagai hewan peliharaan kamu, maka itu adalah pilihan yang tepat. Karakteristik kucing siamese merupakan kucing yang lincah, senang bermain, cerdas, mudah beradaptasi dan sangat aktif. Selain itu mereka juga sangat ramah dan bersahabat, suaranya pun lembut.

Tetapi dalam beberapa kasus kucing ini akan bersuara atau mengeong dengan sangat keras saat meminta sesuatu, contohnya saat meminta untuk diberikan makanan.

Jenis ini juga tidak suka ditinggal sendirian dirumah, jadi kucing ini tidak cocok untuk kamu yang sangat sibuk ataupun tidak bisa memberikan waktu untuknya. Tapi jika kamu sudah terlanjur suka dan ingin benar-benar merawatnya maka kamu bisa berikan teman atau pasanganyya agar ia tidak kesepian saat dirumah.
Back to Content

Penyakit Bawaan Kucing Siam


Setiap ras kucing memiliki suatu penyakit yang sudah turun temurun terdapat pada genetiknya atau bahkan masalah penyakit yang sering menyerang mereka. Untuk Ras Kucing Siam sendiri memiliki catatan masalah kesehatan sebagai berikut;
  1. Masalah Ginjal
  2. Masalah Jantung
  3. Penyakit Hernia
  4. Ekor Tertekuk
  5. Mata Juling

Ras ini mampu hidup panjang dengan usia hampir sepertiga dari umur hidup manusia. Jika dirawat dengan baik Kucing siam mampu bertahan hidup 20 tahun. Tapi dalam beberapa kasus kucing ini hanya bertahan di usia 13-17 tahun.
Back to Content

Harga Kucing Siam

Harga Kucing Siam

Berapa harga kucing siam? Setelah melakukan riset, kami menemukan harga yang cocok dari beberapa situs pendukung. Ternyata jenis ini, memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan kucing ras jenis lain. Adapun harganya adalah sebagai berikut;


Harga Kucing Siam Tradisional

UmurVaksinHarga
3 BulanBelum Di VaksinRp 300.000 – Rp 800.000
3 BulanSudah Di VaksinRp 400.000 – Rp 900.000
6 BulanBelum Di VaksinRp 1.000.000 – Rp 1.800.000
6 BulanSudah Di VaksinRp 1.250.000 – Rp 2.000.000


Harga Kucing Siam Mix Dome

UmurVaksinHarga
3 BulanBelum Di VaksinRp 150.000 – Rp 650.000
3 BulanSudah Di VaksinRp 200.000 – Rp 700.000
6 BulanBelum Di VaksinRp 300.000 – Rp 550.000
6 BulanSudah Di VaksinRp 400.000 – Rp 800.000


Harga Kucing Siam Klasik

UmurVaksinHarga
3 BulanBelum Di VaksinRp 250.000 – Rp 500.000
3 BulanSudah Di VaksinRp 350.000 – Rp 650.000
6 BulanBelum Di VaksinRp 500.000 – Rp 1.000.000
6 BulanSudah Di VaksinRp 800.000 – Rp 1.300.000


Harga Kucing Siam Modern

UmurVaksinHarga
3 BulanBelum Di VaksinRp 800.000 – Rp 1.250.000
3 BulanSudah Di VaksinRp 1.000.000 – Rp 1.450.000
6 BulanBelum Di VaksinRp 1.600.000 – Rp 2.100.000
6 BulanSudah Di VaksinRp 1.800.000 – Rp 2.300.000


Harga diatas bisa berubah kapan saja, tergantung dari kesehatan, warna bulu, keindahan, dan kebersihan saat kucing tersebut di jual belikan.
Back to Content

Cara Merawat Kucing Siam

Cara Merawat Kucing Siam


Untuk merawat kucing Siamese ini terbilang cukup mudah jika dibandingkan merawat kucing ras lain. Pasalnya jenis ini memiliki bulu yang pendek, jadi kita tidak perlu tertalu pusing untuk merawat bulunya. Sebenarnya untuk merawat kucing sendiri semuanya memiliki cara yang sama, untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca beberapa artikel tentang Perawatan Kucing .

Tapi disini kita akan membahas sedikit beberapa cara merawat kucing siam yang bisa kamu lakukan dirumah dengan mudah.

1. Memandikan Kucing


Biarpun memiliki bulu yang pendek, belum tentu kucing ini selalu bersih dari berbagai kuman dan penyakit. Maka dari itu kamu harus memandikannya minimal sebulan sekali untuk mengontrol kotoran di tubuhnya agar tidak terjangkit penyakit kulit seperti kutu dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk selalu menjemur setelah di mandikan hewan peliharaan kamu, karena saat kucing mandi suhu tubuhnya akan turun drastis dan bisa menyebabkan sakit jika tidak segera di keringkan.

2. Sering Menyisir Rambutnya


Meskipun berbulu pendek, bukan berarti ras Siam perlu untuk di abaikan dalam merawat bulunya. Kucing Siam dan jenis ras lainnya memang dalam perawatannya harus selalu disisir dengan rutin. Hal ini bertujuan untuk membuang rambut yang mati dan meransang pertumbuhan bulu yang baru. Sehingga kucing Siamese bisa memiliki bulu yang indah dan Terawat.

3. Memotong Kukunya


Mitos yang mengatakan bahwa memotong kuku dapat membuatnya terbunuh adalah tidak benar. Memang ada beberapa kasus yang meninggal karena memotong kukunya, tetapi itu semua terjadi dikarenakan mereka salah saat melakukan pemotongan kuku tersebut. Untuk panduan memotong kuku yang baik kamu bisa membaca artikel ini, Cara Memotong Kuku Kucing Yang Baik dan Benar .

4. Menjaga Kebersihan Kandangnya


Kandang adalah rumah bagi mereka, jadi jika kamu membiarkan rumah mereka kotor dan malas membersihkannya. Maka kandang tersebut bisa menjadi sarang kuman dan penyakit yang suatu saat bisa menjangkit mereka. Maka dari itu kebersihan kandang juga merupakan hal yang penting dalam merawat kucing.

5. Memberikan Makanan Yang Tepat


Semua hewan peliharaan memang sudah sepantasnya untuk kita berikan makanan agar mereka bisa hidup sehat dan tumbuh besar dengan baik. Salah satu makanan yang baik adalah dengan cara memberikan makanan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin untuknya. Saya sebelumnya sudah merangkum beberapa Makanan untuk kucing Siam kamu bisa membacanya terlebih dahulu . Sejauh ini yang paling baik dan murah adalah ikan, selain itu adalah makanan alaminya ternyata ikan juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kucing.
Back to Content

Kesimpulan

Kucing Siam adalah ras yang berasal dari negara Siam yang akhirnya berubah menjadi Thainland. Ia mulai dikenal pada abad ke 18 di Eropa. Ras ini memiliki 3 jenis yang berbeda, yaitu Siam Tradisional, Siam Klasik dan Siam Modern. Ia memiliki ciri khas bewarna mata biru dan corak gelap di sekitar tubuhnya. Selain itu ia juga memiliki sifat manja dan tidak suka di tinggal sendiri.

Kucing Siam juga sering di kawin silang dengan ras lain. Contohnya seperti Kucing Ras Himalaya, Ia adalaha hasil persilangan dari kucing persia dan kucing siam.

Kucing Persia Himalaya merupakan salah satu hasil persilangan terbaik dengan kucing siam.

Ok itulah semua informasi mengenai Kucing Siam dari Thailand yang memiliki warna mata biru yang sangat Indah. Apakah kamu masih tertarik dengan kucing Siamese ini ? Silahkan tulis jawaban kamu di kolom komentar dan berikan pendapat kamu mengenai jenis ras ini ya Catlovers.

Terima kasih sudah membaca Artikel ini, silahkan baca artikel lainnya mengenai kucing di Harus-tau.com ya. Jika kamu merasa terbantu dengan pembahasan informasi di atas silahkan bagikan artikel ini sebagai bentuk terima kasih kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu banyak orang seperti kamu ya catlovers.
Back to Content

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel