Cara Merawat Kucing Mix Dome Agar Tetap Sehat - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Cara Merawat Kucing Mix Dome Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Kucing Mix Dome Agar Tetap Sehat



Cara merawat kucing mix dome bisa terbilang cukup mudah. Tentu saja karena pasalnya jenis ini adalah campuran dari kucing domestik yang bisa dengan mudah menyesuaikan lingkungan di Indonesia.

Secara keseluruhan memelihara hewan tanpa membedakan jenisnya ras murni ataupun campuran yang dikenal dengan sebutan "mixdome" mempunyai rasa bahagia dan kenyamanan yang hampir sama. Watak genetik bawaanya yang memeang merupakan hewan peliharaan yang cenderung manja dan senang bermain dengan majikannya serta minatnya untuk aktif mengeksplorasi lingkungan sekitar, sifat tersebut alami dimiliki oleh mereka, tidak terkait jenis campuran maupun ras murni.

Alasan Kucing Mixdome Juga Perlu Dirawat

Meskipun memang bukan termasuk kucing murni dari ras yang baik. Tetapi kucing campuran ini tetap harus kamu rawat. Cara merawat kucing mixdome tidak sekedar mencukupkan kebutuhan dasarnya seperti makanan. Mereka juga perlu perawatan lain seperti memandikan, membersihkan mantel bulu yang kotor hingga pemeriksaan berkala ke dokter hewan. 

Pada usia yang direkomendasi oleh ahli hewan, kucing perlu memperoleh vaksinasi dan sterilisasi untuk kesehatan mereka. Ketika kondisi kesehatan hewan peliharaan Kamu terjaga baik, pikiran  juga menjadi lebih tenang dari kemungkinan penularan penyakit kepada anggota keluarga yang lain.

Cara Merawat Kucing Mixdome untuk Agar Tetap Sehat

 

Merawat kucing Mix Dome

Ada beberapa Hal yang penting ketika Kamu ingin memelihara mereka, yakni merawat kucing jenis campuran ini dengan tepat agar kondisinya selalu sehat dan bebas resiko penyakit seperti infeksi bakteri, virus dan jamur. Harus-tau.com kali ini akan memberikan Beberapa cara merawat kucing jenis mix dome ini;

1. Selalu Menjaga Kebersihan


Tampilan kucing mixdom sebagian besar tak kalah menarik dari ras murni. Hewan peliharaan ini juga memiliki pesona dan daya tarik pada rambut indah serta kombinasi lainnya yang diperoleh dari induk ras tersebut. Selain jenis bulunya mereka yang bisa pendek atau panjang, salah satu kebiasaan yang dimiliki mereka yaitu senang berkeliaran di tempat tertentu. Maka dari itu perlu untuk mengatur jadwal mandi pada waktu tertentu.

Untuk menjaga kebersihan tubuh peliharaan, ia mempunyai bakat alami untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri dengan menjilati bagian tubuh yang bisa dijangkaunya. Namun ada sebagian tubuh yang lebih sulit untuk dibersihkan atau  pada situasi khusus saat mereka terpapar bahan berbahaya seperti cat, oli, air kotoran dan lain-lainnya, Maka bantuan dari majikan diperlukan untuk mempercepat proses kebersihannya.

Saat memandikan mereka, pastikan selalu gunakan shampo kucing yang cocok dengannya. Banyak shampo kucing yang mudah didapatkan di petshop, toko online dan lokasi khusus lainnya. Shampo ini berbeda dengan milik manusia maupun hewan lainnya seperti anjing. Kadang terdapat pH yang tidak sesuai dan sering sekali digunakan untuk memandikan mereka, yang akan menyebabkan iritasi, peradangan kulit, rambut bulu menjadi berkurang hingga resiko kemungkinan terjilat oleh mereka. Rata-rata kucing mixdome hanya perlu dimandikan untuk 2 minggu sampai 1 bulan disesuaikan dengan kondisi kebersihan mereka.

2. Periksakan kesehatannya


Jadwal pemeriksaan kesehatan kucing mixdome sama pentingnya dengan ras murni-asli lainnya. Meskipun kucing berdarah campuran, bukan berarti kamu tidak menjaga kesehatannya. Rata-rata hewan peliharaan ini perlu diperiksa ke dokter hewan setiap 1 kali dalam setahun.

Kondisi hewan yang selalu sehat, tidak menandakan mereka boleh melewatkan pemeriksaan kesehatan. Sangat sulit untuk memprediksi kemungkinan terdapat infeksi yang belum muncul akibat paparan kotoran, urin, feses yang mengenai mereka. Memberikan vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan yang paling efektif sebelum menimbulkan masalah baru. Mintalah saran kepada dokter hewan yang terpercaya tentang vaksinasi kucing yang diperlukan yang disesuaikan dengan umur, aktivitas

Baca Juga : Pengertian Kucing Mix Dome dan Ciri Cirinya

3. Berikan Makanan Yang Terbaik


Tidak membedakan dari ras ataupun jenisnya, dalam cara merawatnya pasti hewan peliharaan memerlukan makanan seimbang dalam nutrisi, gizi dan kebutuhan vitamin lainnya. Peliharaan yang kekurangan gizi cenderung mudah terserang penyakit. Kesehatan kulit dan bulunya mudah kusam dan rontok. Catlovers yang biasanya sibuk dan tidak bisa memberikan makanan  bergizi di rumah, dapat menggunakan alternatif lain, yakni membeli  makanan yang tersedia dalam merek tertentu yang sudah banyak dijual di supermarket.

Cara memilih makanan kucing yang baik adalah dengan mempertimbangkan jenis ras, umurnya, aktivitas harian, dan kemungkinan terhadap alergi pada bahan makanan tertentu. Untuk mendapatkan makanan yang tepat, Kamu bisa menanyakan langsung ke apotek hewan atau dokter hewan, agar makanan tidak terbuang sia-sia.

4. Pahami Karakternya


Kucing mixdom cenderung lebih agresif saat bermain di luar rumah dibanding ras kucing murni. Salah satu pengaruhnya berasal dari genetik induknya yaitu kucing domestik yang sudah terbiasa hidup mandiri mencari makan di luar rumah.

Walaupun sudah diberi makanan berkualitas terbaik, terkadang ia bisa mencari cara agar bisa keluar. Memahami karakter dari kucing kamu itu sangat di perlukan. Jika bisa batasi kebiasaan hewan peliharaan jenis campuran ini, Mengontrol dan mengawasi tempat yang menjadi favoritnya untuk bermain dengan kucing lainnya. Lingkungan bermain dan bersosialisasi hewan yang terjaga baik, dapat mencegah mereka terinfeksi bakteri, kuman atau jamur.

5. Ajak Bermain


Cara merawat kucing yang baik adalah dengan menyediakan waktu bersama untuk bermain bersama mereka. Kucing merupakan makhluk sosial yang senang jika diperhatikan majikannya. Perilaku manja dan interaksi yang Kamu sediakan untuk jenis mixdome, selain mencegahnya untuk bermain di luar rumah, hubungan antara peliharaan dan tuannya akan menjadi semakin baik.

6. Sterilisasi Jika Dibutuhkan


Populasi kucing yang terus meningkat belakangan ini sudah sangat tinggi. Akibatnya banyak dari mereka yang tidak terawat dan malah mati dijalanan. Sterilisasi diperlukan untuk mengontrol tingkat populasi ini. Setidaknya kamu sebagai pemilik hewan yang tidak ingin memelihara banyak hewan bisa menggunakan cara ini.

Karena Sterilisasi dipercaya dapat mencegah penularan penyakit dari hewan laiinya. Cara merawat kucing mixdome jantan dan betina dengan sterilisasi akan mendapat manfaat yang baik untuk usia hidupnya yang lebih panjang dan terhindar dari beberapa resiko penyakit. Kucing yang telah disterilisasi, kebiasaan alami dari sifat domestiknya akan menurun atau menghilang. Seperti keluar rumah untuk mencari pasangannya.

Ok itulah informasi mengenai bagaimana Cara Merawat Kucing Mix Dome Yang Baik Agar Tetap Sehat. Semoga Artikel ini bermanfaat dan dapat berguna untuk banyak orang. Dengan adanya kamu disini yang membaca artikel ini, maka kamu sudah membantu untuk memberikan informasi kepada orang yang memiliki masalah seperti kamu. Terima kasih ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel