5 Game Visual Novel Gratis Buat Kamu Yang Ingin Belajar Bahasa Inggris - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

5 Game Visual Novel Gratis Buat Kamu Yang Ingin Belajar Bahasa Inggris

5 Game Visual Novel Gratis Buat Kamu Yang Ingin Belajar Bahasa Inggris

Buat yang belum tahu, Visual Novel (VN) adalah game yang 90% berisi teks dan dilengkapi dengan ilustrasi dari adegan yang sedang berlangsung dalam cerita, juga diiringi musik latar (BGM) yang membuat pemain semakin hanyut ke dalam cerita.

VN mulanya berasal dari Jepang, dan lebih populer dengan nama Otome. Popularitasnya pun jadi merambah ke berbagai negara, dan developer indie dari luar negeri mulai membuat komunitas khusus yang membagikan VN yang mereka buat sendiri. Di rekomendasi kali ini, kami akan membahas VN yang dibuat dari Jepang maupun luar Jepang.

Bagi kamu yang senang membaca novel, cerita bergambar, atau komik mungkin dapat menikmati VN dengan mudah, karena dengan sifatnya yang interaktif, kamu tak hanya sekedar membaca cerita, tapi kamu juga dapat menentukan nasib tokoh utama melalui pilihan-pilihan yang muncul sepanjang game.

Contohnya seperti ini:

Download Game Visual Novel
Game: </reality>


Nah, buat kamu yang tertarik ingin mencoba bermain VN, kami akan sajikan daftar visual novel gratis yang cocok sekali buat pemula. Selain itu, VN juga dapat membantu kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, karena mayoritas VN memang berbahasa Inggris.
Oke, kita langsung mulai saja.


1. True Remembrance

VN jadul yang dirilis pada 2006 silam oleh Shiba Satomi ini berkisah tentang suatu kota yang selalu bersalju yang menjadi tempat pertemuan seorang Mnemonicide bernama Blackiris dengan La, gadis berumur 17 tahun yang akan menjadi pasiennya.

Download Game Visual Novel


Di dunia mereka, penyakit depresi bernama The Dolor menjadi pandemi, dan orang-orang yang terjangkit harus disembuhkan melalui terapi yang dilakukan oleh Mnemonicide, sebutan untuk dokter spesialis yang mampu menanganinya. Narasi pada VN ini begitu puitis dan lembut, meskipun terkadang ada-ada saja tingkah La yang bikin ketawa atau geleng-geleng kepala.

Yang membuat VN ini asik diikuti adalah setting tempatnya yang misterius sehingga membuat kita penasaran. Terutama karakter La, yang sebenarnya menyimpan rahasia besar.


2. Anathema ~ La Ouverture
Di nomor 2 ada Anathema, sebuah VN dari luar Jepang yang ber-setting pada abad ke-18. VN bergenre misteri dan pembunuhan ini mengisahkan perjalanan seorang perempuan bangsawan muda dari Prancis bernama Lucienne Naval yang rencananya akan dijodohkan oleh putra dari teman ayahnya yang juga seorang bangsawan.

Download Game Visual Novel


Sesampainya di Peru, alih-alih merasa ‘kerasan’ di sana, apalagi bertemu dengan calon suaminya, Lucienne justru malah merasa diteror dengan keberadaan suatu kelompok ‘misterius’ yang mendiami area pantai dari vila keluarga Espinoza itu. Sebagai Lucienne, kamu harus mencari identitas sebenarnya dari kelompok itu. Kamu akan menjadi detektif dadakan yang berusaha mencari bukti atau petunjuk apapun yang dapat menguak identitas mereka, terutama petinggi dari kelompok itu.

VN satu ini cocok untuk kamu pemahaman bahasa Inggris nya sudah Intermediate atau Advanced, karena ada beberapa kata yang tidak lazim digunakan. Namun buat kamu yang ingin menambah kosakata baru dan melihat cara para bangsawan bicara juga harus mencoba game ini, karena di sini, developernya memang konsisten memberikan sentuhan budaya bangsawan baik pada desain karakter maupun gaya bahasa mereka.



3. The Blind Griffin

Pertama kali membuka game ini, kamu akan disambut dengan tampilan menu yang serba estetik, dengan musik Jazz ala tahun 20-an. Ber-setting pada tahun 1920 di San Fransisco, California, kamu akan berperan sebagai seorang perempuan dari Asia yang namanya bisa kamu ubah dengan namamu sendiri, yang tiba-tiba berada di depan suatu bar. Kamu akan direkrut oleh pemilik bar yang sedang kelabakan karena bisnis barnya akan segera ditutup. Tugasmu di sana adalah membantu pemilik bar dan para pekerjanya supaya bar tidak ditutup.

Download Game Visual Novel


Plotnya memang simpel, dan cerita ini cenderung slice-of-life, jadi tak terlalu banyak aksi. Hanya saja, BGM yang digunakan cukup apik, terutama untuk kamu yang suka Jazz. Desain masing-masing karakternya unik dan cukup segar dipandang mata.

Kamu juga bisa memilih satu dari tiga pria yang akan menjadi pasanganmu. Game ini memiliki total 10 ending dan juga menyediakan menu Glossary yang  menyimpan kumpulan kata-kata atau istilah-istilah Old English yang muncul dalam game. Memudahkan sekali untuk kamu yang penasaran sama arti dari suatu kata dan ingin langsung mengeceknya dalam game.

Download Game Visual Novel
Glossary dalam game



4. Grey Plague
Di tengah ramainya berita tentang virus Corona yang menjadi headline di berbagai media, game satu ini sepertinya cukup akurat dalam ‘meramalkan’ keberadaan suatu wabah fiktif di tahun 2020. Game yang dirilis pada 2017 ini berkisah tentang Red, seorang perempuan yang  harus hidup tengah wabah mematikan bernama Grey, mutasi dari virus tuberculosis.

Download Game Visual Novel

Red memiliki kemampuan khusus ‘menerawang’ orang yang organnya sudah terinfeksi dengan wabah ini, dan Red bisa memerintahkan sel darah putih untuk menghancurkan penyakit. Sebagai Red, kamu akan membantu mengobati pasien dan berpacu dengan waktu.

Di sini kamu akan dapat belajar kosakata dalam dunia medis, karena game ini cukup detil dalam menjelaskan penyebaran wabah, gejala-gejala, dan diagnosanya. Nah, tak hanya belajar bahasa inggris, kamu juga akan diajak belajar sedikit biologi. Seru kan?

Download Game Visual Novel


Unduh Grey Plague 


5. The Shadows That Run Alongside Our Car
Game dengan judul paling panjang dari yang lainnya ini justru memiliki durasi gameplay yang cukup pendek. Ber-setting pada era apocalypse, VN ini berkisah tentang Shelby dan Dustin, dua orang asing terpaksa mengendarai mobil yang sama karena kota mereka sedang diserang zombie.

Download Game Visual Novel


Seperti VN pada umumnya, nama karakter bisa diubah, dan kamu bisa memilih ingin bermain dari perspektif Shelby atau Dustin. Cerita berfokus pada karakter ketimbang aksi, dan di sini kamu bisa mengulik apa yang sebenarnya sedang terjadi melalui eksplorasi masing-masing karakter.

Desain teknis game ini membuat kita seakan-akan sedang menonton film pendek indie ketimbang game, dan game ini cocok untuk kamu yang kurang suka membaca teks dan lebih suka menikmati visual yang serba minimalis namun syahdu.


Oke, jadi itulah rekomendasi 5 game Visual Novel gratis yang bisa kamu coba. Selamat bermain sekaligus belajar bahasa Inggris! (Nabilah Safira)

0 Response to "5 Game Visual Novel Gratis Buat Kamu Yang Ingin Belajar Bahasa Inggris"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel