Perawatan Kucing Scottish Fold : Ciri Karakter, Harga dan Penyakitnya - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Perawatan Kucing Scottish Fold : Ciri Karakter, Harga dan Penyakitnya

Perawatan Kucing Scottish Fold : Ciri Karakter, Harga dan Penyakitnya

Perawatan Kucing Scottish Fold : Ciri Karakter, Harga dan Penyakitnya - Harus-Tau.com - Kucing Scottish Fold adalah kucing yang sangat disukai banyak orang di indonesia waktu pertama kali datang di indonesia sekitar tahun 2007. Banyak Reaksi histeris  dari banyak orang yang sangat senang pada saat mereka melihat kucing scottish Fold secara Nyata.

Kucing Scottish fold adalah Kucing Mutasi permanen yang di temukan di Scotlandia. Kepalanya yang bulat dan bermata besar. Mengingatkan kita pada penampilan burung hantu. Tapi ini tetap kucing ya bukan burung hantu. Perawatan yang akan kita lakukan adalah tetap saja untuk perawatan kucing Scottish Fold.

Jenis dan Ciri-Ciri Kucing Scottish Fold


Jenis dan Ciri-Ciri Kucing Scottish Fold
Scottish Fold Short Hair, Folded Ear
Kucing Scottish Fold bila dilihat dari Rambut ada yang berbulu Pendek di Sebut Scottish Fold Short Hair, dan ada yang berambut Panjang di sebut Scottish Fold Long Hair. Kedua ras diatas yang berkuping Folded (Melipat) telah di terima di CFA show

Jenis dan Ciri-Ciri Kucing Scottish Fold
Scottish Fold Long Hair, Straight Ear

Dari Bentuk Kuping scottish Fold, ada dua jenis Kucing Scottiish Fold berdasarkan bentuk telinganya. Yang Melipat di sebut Folded Ear dan Berbentuk Lurus disebut Straight Ear. Untuk Show, CFA hanya menerima yang Kuping Melipat ( Folded Ear). Yang Berkuping Lurus hanya di gunakan untuk Breeding ( Ternak ). 

Untuk Program Ternak keduanya di Butuhkan. Karena di dalam Perkawinan kucing Scotish Fold, yang di Izinkan hanya Perkawinan antara Kucing Scotish Fold berkuping Melipat dengan yang Berkuping Lurus. 

Perkawinan antara Kuping melipat dengan kuping Melipat tidak di izinkan karena dapat mengakibatkan cacat genetik, seperti lemah tulang. Karena masih dibutuhkannya darah baru, Kucing scottish fold (Kuping melipat) di izinkan di kawinkan (outcrossed) dengan 2 ras lain yaitu British Short Hair dan American Short Hair. 

Anak Kucing Scottish Fold

Anak Kucing Scottish Fold
Contoh anakan outcrossed Scottish Fold (Sire) VS American Short hair (Dam)
Anak Kucing Scottish Fold

Contoh anakan Outcrossed Scottish Fold (Sire) VS British Short Hair (Dam)

Di Indonesia kami mulai mengimport kucing ras ini di tahun 2007, dari Rusia dan USA. Karena permintaan teman kucing ini mulai dikembang biakan di Berbagai daerah di Indonesia. Banyak para pecinta kucing mulai menternakkan di tahun 2009. Karena Harga Jual yang lumayan tinggi dan peminatnya sangat banyak.

Permintaan anakan kucing scottish fold meningkat tajam, bisa dibilang lebih banyak pada kucing ras lainnya. Di banyak tempat ada banyak pencinta kucing yang tujuan pertamanya ingin membeli kucing Persia dan Exotic. Berubah pikiran menjadi ingin membeli kucing Scotish fold setelah Melihat lucunya kucing ini.

Baca Juga :
Harga Kucing Scottish Fold Terbaru 2020
Ciri-Ciri Kucing Scottish Fold Yang Harus Kamu Tau

Karakter Kucing Scottish Fold


Kucing scotish fold mempunyai karakter yang sangat baik. Senang bermain dan akrab dengan pemiliknya. Dia senang bila di peluk dan sangat aktif bila di ajak bermain. Jika kebanyakan kucing lebih suka tertidur tapi tidak untuk kucing Scottish Fold ini.

Kucing Scottish Fold sangat cocok untuk anda yang menyukai kucing yang senang di peluk tetapi aktif bermain. 


Deskripsi Kucing Scottish Fold :

  • Ukuran Tubuhnya sedang
  • jantan sekitar 4 - 6 kg 
  • sedangkan betina umumnya lebih kecil sekitar 3 -4 kg
  • Kepalanya bundar
  • bermata besar
  • badannya bulat

Standart CFA Untuk Kucing Scottish Fold :

Standart CFA Untuk Kucing Scottish Fold :

1. Kepala ( 55 point )


Bentuk kepala, leher, dagu, pipi - 15 point.
Bentuknya bulat dengan bentuk pipi dan dagu yang terbentuk baik, kepala berbentuk bulat dengan leher yang pendek, mukanya seperti gembira.

2. Mata ( 15 point )


Besar terbuka dengan expresi mata yang manis, bentuknya bulat dan dipisahkan dengan hidung yang besar, warna mata harus sesuai dengan standart warna rambut.

3. Kuping ( 25 point )


Menekuk Lurus dan kebawah, makin kecil dan rapat menekuk lebih baik, seperti memakai helm, ujung kuping harus bulat.

4. Badan ( 40 Point )


Bentuk badan, kaki, dan Jari - 10
Ukuran sedang, tidah terlalu gemuk yang dapat menggangu gerakan, ukuran kaki sedang,  secara umum berbentuk bulat dan tulang yang sedang, Lima jari di kaki depan dan 4 jari di kaki belakang.

5. Buntut ( 20 Point )


Ukurannya Medium  sampai panjang sesuai dengan proporsi badan kucing, dengan ujungnya berbentuk tape atau bulat.

6. Rambut ( 10 point )


Rambut shorthair : ukurannya pendek - medium,  Padat dan Lebat, harus berdiri tegak, kelembutannya sesuai dengan warna rambut.

Rambut longhair : ukurannya medium - Panjang. Penuh pada muka dan badan lebih di sukai, tetapi di ijinkan pendek pada muka dan pergelangan kaki.

7. Warna ( 5 Point )

Warna rambut dan Mata : 5 Point
Warna rambut Kucing Scottish Fold : solid, shaded Tabby, particolor dan bicolor.


8. Diskualifikasi :


Buntut cacat, jumlah jari yang salah, tidak sehat. warna bulu yang merupakan hasil hibridisasi dari warna coklat, Lavender, color point atau kombinasi dari warna ini.

Perkawinan Silang Kucing Scottish Fold Yang di Izinkan


Kucing Scottish Fold hanya di izinkan melakukan perkawinan silang dengan ras  British Shorthair, American short hair. Selain dari ini  tidak di izinkan karena dapat mengakibatkan cacat genetik, seperti lemah tulang. Karena masih dibutuhkannya darah baru.

Perawatan Rutin Kucing Scottish Fold


Sebenarnya kamu bisa melakukan beberapa perawatan yang sama seperti yang sudah pernah saya jelaskan disini. Tapi kita akan membahasnya secara singkat lagi disini. Hal yang harus kamu lakukan saat merawat kucing Scottish fold adalah :
  1. Menyisir Rambut
  2. Membersihkan Kotoran Mata Kucing
  3. Membersihkan Lubang Telinga Kucing
  4. Memotong Kuku Kucing
  5. Memotong Rambut Kucing
  6. Menyikat Gigi Kucing
  7. Memandikan Kucing
Itu adalah ke 7 cara perawatan kucing yang harus kamu lakukan agar kucing kamu bisa menjadi lebih baik dan lebih bagus lagi.


Harga Kucing Scottish Fold


Sebenarnya saya juga sudah pernah membahas harga kucing Scottish Fold disini, tetapi disini saya akan membahas sedikit harga kucing Scottish Fold berdasarkan dari jenis kupingnya. Folded Ear dan Straight Ear.

No
Jenis Kucing
Harga
1.
Scottish Fold Folded Ear
Rp. 25.000.000
2.
Scottish Fold Straight Ear
Rp. 10.000.000
3.
Scottish Fold Kitten Shorthair
Rp. 16.500.000
4.
Scottish Fold Dewasa Ped
Rp. 13.000.000
5.
Scottish Fold Jantan Non-Ped
Rp. 8.000.000
6.
Scottish Fold Mix Exotic
Rp. 2.500.000
7.
Scottish Fold Anakan
Rp. 6.500.000
8.
Scottish Fold Asli Kitten di Indonesia
Rp. 7.500.000
9.
Scottish Fold Asli Betina Shorthair Ped CFA
Rp. 16.500.000
10.
Kucing Scottish Fold Ukraine Asli
Rp. 25.000.000

Ok sekian Artikel mengenai kucing Scottish Fold. Ada banyak ras kucing lain yang sama bagusnya tetapi untuk memelihara kucing Scottish Fold ini rasanya memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri. Yaitu karena telinganya dan bentuk wajahnya yang mirip burung hantu. Memang sangat lucu sekali Kucing Scottish Fold ini ya Catloverss.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel