Faktor Penyebab Kucing Sering Diare (Mencret) dan Bagaimana Cara Mengatasinya - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Faktor Penyebab Kucing Sering Diare (Mencret) dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Kucing Sering Diare (Mencret) dan Bagaimana Cara Mengatasinya


Faktor Penyebab Kucing Sering Diare (Mencret) dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Harus Tau-Info, Kucing biasanya terlihat sehat atau tidaknya itu bisa terlihat dari kotorannya, Kamu bisa melihat banyak hal yang terjadi pada kucing kamu. Sebelum kita berlanjut, untuk kamu yang baru memelihara kucing mungkin agak sulit, tetapi untuk kamu yang sudah lama memelihara kucing, pasti sengaja ataupun tidak kamu sering memperhatikan kotoran si kucing.

Baca Juga : Ciri - Ciri Kucing Kamu Lagi Hamil Dan Cara Merawatnya

Kebanyakan kucing akan membuang Kotoran Sehari sekali. Jika mereka sehat tandanya adalah kotoran mereka harus:

  • Warna coklat tua
  • Merasa tidak terlalu keras atau terlalu lembut atau lembek
  • Tidak berbau terlalu busuk, meskipun bau kotoran memang seperti itu, Tetapi biasanya lebih dari normal

Diare Kucing


Diare adalah penyakit yang sudah biasa terjadi pada kucing. Biasanya ada banyak hal yang menyebabkan kucing menderita diare, Dari makanan, kesehatan atau faktor-faktor lain.

Terkadang Diare pada kucing bisa sembuh dengan cepat. Tetapi banyak juga kasus Diare pada Kucing  yang dapat berlangsung selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan, atau tidak sembuh dan tetap seperti itu..

Baca Juga : Kucing Tidak Mau Makan? Ternyata Ada Makanan Yang Berbahaya

Diare yang berlangsung selama 24 sampai 48 jam mungkin tidak akan menimbulkan masalah kecuali jika terjadi pada anak kucing dan kucing yang sudah tua. Tapi jika itu berlangsung lebih lama, kucing kamu pun bisa mendapatkan dehidrasi yang bisa berbahaya bagi si kucing.

Faktor-Faktor Penyebab Kucing Kamu Terkena Diare (Mencret) adalah :


  • Perubahan pada alergi atau makanan atau intoleransi
  • Penyakit radang usus
  • Ulserativa
  • Cacing (parasit usus)
  • Penyakit pankreas
  • Kanker
  • Hipertiroidisme

Jika kucing kamu terkena penyakit diare yang berlangsung lebih dari satu atau dua hari, kunjungi dokter hewan untuk mengetahui penyebabnya. Periksakan kepada dokter hewan mengenai bentuk dan warnanya dari kotoran kucing yang terkena diare, ceritakan juga apakah ada gejala lain yang datang bersamaan seperti demam, muntah, lamban, atau hilangnya nafsu makan.

Cara merawat kucing terkena diare biasanya berbeda-beda tergantung dari apa penyebabnya. Beberapa kasus mungkin akan mendapatkan resep obat, seperti metronidazol atau prednisolone, untuk mengontrol penyakit lebih lanjut.

Baca Juga : Ternyata Inilah Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Siap Melahirkan

Dokter hewan biasanya akan merekomendasikan makanan yang khusu jika dia berpikir ada alergi makanan atau intoleransi, penyakit inflamasi usus (IBD), atau kolitis. Untuk beberapa kucing, obat seperti deworming atau probiotik mungkin akan sangat dibutuhkan.

Mencegah Diare Kucing



Faktor Penyebab Kucing Sering Diare (Mencret) dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Untuk mencegah diare, Jangan memberikan produk susu kucing yang asal seperti susu manusia atau  susu yoghurt, Selain tidak bagus kucing juga tidak dapat mencerna dengan benar.

Perhatikan juga jika kamu ingin memberikan makanan yang berbeda pada si kucing, Pastikan untuk mengenalkannya terlebih dahulu kepada si kucing hari demi hari.

Caranya adalah mencampurnya sedikit dengan makanan yang lama setiap hari, pastikan untuk menambah jumlah makanan yang baru setiap hari agar kucing bisa makan makanan yang baru seutuhnya.

Sembelit Kucing


Ketika kucing kamu mengalami sambelit, biasanya kucing kamu akan kesulitan untuk buang air besar, Sambelit ini bisa dilihat saat kucing sudah dalam posisi buang air besar tetapi tidak ada kotoran yang dikeluarkan.

Baca Juga : Kucing Tidak Mau Makan? Ternyata Ada Makanan Yang Berbahaya

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, sangat jarang sekali kucing yang terkena sambelit. Tapi jika kucing kamu mengalami gejala ini, segera menghubungi dokter hewan terdekat.

Faktor Penyebab Kucing Mengalami Sembelit

  • Over-Grooming, adanya rambut dalam saluran pencernaan
  • Masalah ginjal
  • Feline megakolon
  • Sesuatu yang menghalangi usus besar mereka, seperti tali atau tulang
  • Makanan yang tidak memiliki cukup serat
  • Masalah di dalam usus besar, seperti tumor atau penyempitan
  • Masalah tulang belakang

Untuk meringankan sembelit kucing kamu, dokter hewan mungkin menyarankan agar kamu memberinya lebih banyak makanan yang mengandung serat. Atau dia mungkin memberitahu kamu untuk mengubah makanan yang lebih mudah untuk di cerna.

Pastikan juga kucing kamu harus banyak minum air putih, untuk membantu sistem pencernaan agar lancar.

Baca Juga : Ternyata Inilah Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Siap Melahirkan

Tabel Gejala dan Penyebab Penyakit Pada Kucing




Mungkin kamu harus banyak berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai masalah sistem pencernaan yang terjadi pada kucing. Tetapi Mungkin Artikel Ini sedikit membantu kamu agar bisa mendapatkan informasi mengenai Masalah Diare (mencret) dan Sembelit pada kucing.

0 Response to "Faktor Penyebab Kucing Sering Diare (Mencret) dan Bagaimana Cara Mengatasinya"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel