Faktor Penyebab Banjir Yang Sering Terjadi Di Indonesia - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Faktor Penyebab Banjir Yang Sering Terjadi Di Indonesia

Faktor Penyebab Banjir Yang Sering Terjadi Di Indonesia

Faktor Penyebab Banjir Yang Sering Terjadi Di Indonesia - Harus Tau-Info, Banjir adalah hal yang sudah sering terjadi di Indonesia. Banyak faktor yang menjadi penyebab banjir ini datang ke Indonesia. Minimnya kesadaran masyarakat juga diduga menjadi salah satu penyebab banjir.

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang kita sendiri menjadi penyebabnya. Akibatnya banyak kerugian yang terjadi dan bahkan korban jiwa. Untuk itu banyak program-program pemerintah yang memberikan edukasi kepada para masyarakat untuk setidaknya mencegah banjir.

Tetapi ternyata tidak mudah juga untuk mengatasi banjir tersebut. Untuk itu mari kita belajar apa saja Faktor penyebab banjir yang sering terjadi Di Indonesia.

Faktor Penyebab Banjir


1. Sampah


Sampah adalah faktor yang paling utama dalam penyebab banjir. Membuang sampah sembarangan dapat menyumbat berbagai saluran air yang ada. Akibatnya pada saat hujan turun, aliran air yang berada di saluran air itu tersumbat oleh sampah. Akhirnya air meluap dan naik kejalan yang mengakibatkan banjir datang. 

Solusinya adalah meningkatkan kesadaran bagi masyrakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Mengingat sudah banyak fasilitas tempat sampah yang sudah disediakan. Maka tidak ada salahnya kita bisa membuang sampah pada tempatnya.

2. Saluran Air


Saluran Air ini adalah hal yang sering menjadi Fokus pemerintah. Karena saluran air adalah satu-satunya jalan untuk air agar bisa mengalir ke tempat yang seharusnya. Tanpa saluran air yang baik maka air tidak bisa mengalir dan memungkinkan air meluap dan naik sehingga menyebabkan banjir.

Solusinya adalah memantau dan memperbaharui saluran air yang sudah tidak berfungsi. Serta rajin untuk membersihkan saluran air secara bersama-sama.

3. Endapan Lumpur


Endapan lumpur yang banyak menumpuk pada saluran air menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya banjir. Dengan banyaknya lumpur yang mengendap di dasar saluran air dapat membuat saluran air menjadi dangkal dan menyebabkan air dapat menguap naik sehingga menyebabkan banjir.

Solusinya selalu di adakan kerja bakti untuk membersihkan saluran air dari sampah dan endapan lumpur. Sehingga saluran air dapat steril dan bisa digunakan dengan baik.

4. Penyempitan Sungai


Sungai adalah wadah untuk jalur air agar bisa mengalir dengan baik. Banyaknya penyempitan sungai yang dilakukan masyarakat maupun perusahaan untuk memperluas tanah lapang adalah salah satu penyebab banjir datang.

Dengan jalur air di sungai yang sempit, Air yang datang dari hujan besar tidak akan bisa ditampung oleh wadah yang sudah tidak sesuai lagi. Banyaknya rumah di bantaran sungai, membuat lebar sungai menjadi wadah yang tidak bisa menampung lagi debit air yang tinggi.

Solusinya di buatkan pembatas antara sungai dan perumahan. Lakukan juga sterilisasi agar sungai yang ada selalu siap digunakan dan bebas dari masalah-masalah lain. Sehingga saat hujan besar tiba, lebar sungai siap menampung dan mengalirkan air dengan baik.

5. Banjir Kiriman


Banjir tentu saja tidak terjadi hanya di salah satu daerah. Banyak daerah-daerah lain yang juga terhubung dengan sungai yang sama. Akibatnya daerah yang memiliki dataran lebih tinggi akan mengirimkan debit air yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Ini adalah hal yang tidak bisa dilakukan sendiri, Butuh kerjasama dan kesadaran dari setiap pemerintah dan masyarakat yang ada. Karena Indonesia memiliki beberapa sungai yang menghubungkan beberapa daerah sehingga saat salah satu daerah mempunyai sampah yang banyak, Daerah lain juga akan terkena imbasnya.

Solusinya, Meningkatkan kesadaran pemerintah dan masyarakat betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan selalu menjaga saluran air yang baik. Agar tiap-tiap daerah dapat mengatasi banjir dengan lebih baik.

Itulah ke 5 Faktor yang menjadi penyebab banjir di Indonesia. Peran kita semua sebagai masyrakat Indonesia adalah menjadi Faktor terpenting dalam penyebab terjadinya banjir yang ada di Indonesia ini. Jika kebiasaan membuang sampah sembarangan masih ada, maka kita masih akan terus merasakan banjir yang akan datang.

0 Response to "Faktor Penyebab Banjir Yang Sering Terjadi Di Indonesia"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel