Kucing Umur 3 Bulan Sering Sakit? Waspadai Penyebabnya - HARUS TAU - Situs Informasi Terlengkap -->

banner

Kucing Umur 3 Bulan Sering Sakit? Waspadai Penyebabnya

Kucing Umur 3 Bulan Sering Sakit? Waspadai Penyebabnya


Kucing Umur 3 Bulan Sering Sakit? Waspadai Penyebabnya

Harus Tau-Info, Kucing adalah hewan yang sangat rentan oleh penyakit. Bahkan banyak sekali kucing yang sudah memiliki penyakit bawaan dari Rasnya.

Seperti Kucing Ras Maine Coon yang mempunyai masalah lemah jantung. Dan kucing Ras Persia yang memiliki masalah ginjal. Banyak juga kucing yang memiliki masalah penyakit lain.

Baca Juga : Ciri - Ciri Kucing Kamu Lagi Hamil Dan Cara Merawatnya

Terlebih lagi Kucing yang berumur 3 bulan, Kucing pada masa ini biasanya adalah kucing yang baru mulai tumbuh. Biasanya akan banyak penyakit yang datang menghampiri masa pertumbuhan ini.

Berikut adalah Penyakit yang sering datang pada Kucing Umur 3 Bulan.


Penyakit Kucing Umur 3 Bulan


1. Diare


Tidak hanya manusia, anak kucing juga bisa terserang diare. Penyebabnya tak lain adalah karena virus (rotavirus dan adenovirus).

Selain itu, anak kucing juga rentan mengalami diare karena ada kesalahan dalam pemberian makanan. Misalnya, anak kucing diberi susu untuk manusia yang mengandung laktosa. Padahal, pencernaan kucing tidak bisa menerima zat laktosa ini. Akibatnya, anak kucing menjadi diare.

Sebagai pengobatan, kamu bisa memberikan cairan oralit khusus hewan. Obat ini diberikan untuk mengganti cairan yang hilang selama diare. Supaya anak kucing tidak mudah terserang diare, lakukan beberapa langkah pencegahan.

Kamu bisa mencegah diare dengan mengatur makanan yang dikonsumsi anak kucing, melakukan pembersihan kandang secara rutin dengan pemutih (bleaching), juga mencegah virus yang menyebabkan diare.

2. Infeksi Kulit


Saat usianya masih di bawah satu tahun, imunitas kucing sangat rentan. Jadi, tidak heran jika ia terserang beberapa penyakit. Salah satu jenis penyakit yang rentan menyerang anak kucing adalah infeksi kulit. Penyakit ini bisa dikenali saat kucing terlihat sering menggaruk-garuk badannya.

Infeksi kulit pada anak kucing bisa bermacam-macam sebabnya, tetapi yang paling sering adalah karena jamur.

Baca Juga : Arti Dari Mimpi Kucing Yang Kamu Harus Tau

Jamur ringworm adalah satu jenis jamur yang sering menjadi penyebab infeksi kulit pada anak kucing. Apabila dibiarkan terlalu lama, jamur ini akan menimbulkan lesi (kerusakan jaringan kulit), terutama di bagian kepala, telinga, hingga badan kucing.

Langkah pencegahan bisa berupa penggunaan sampo dan salep khusus kulit kucing. Namun, jika sudah parah, kucing harus diberi penanganan dari dokter.

3. Muntah


Kucing yang berumur dibawah 3 bulan biasanya akan sering mengalami muntah. Karena perpindahan suplay makanan yang dari susu ke makanan berat. Biasanya kucing akan beradaptasi agar makanannya bisa dimakan dengan baik.

Tetapi banyak sekali bakteri dan virus yang berada pada makanan selain susu, maka dari itu tidak heran jika kucing yang berumur dibawah 1 tahun akan sering sekali muntah.

4. Chlmydophilosis


Penyakit  ini disebabkan oleh bakteri Chlamydiasis felis yang kebanyakan  menyerang anak kucing berusia 5-12 minggu. Gejala yang ditunjukkan berupa demam,  bersin dan hidung berair, hilang nafsu makan dan mata meradang. Jika  tidak diobati infeksi matanya akan bertambah parah dalam 2 bulan dan  dapat menularkan melalui lendir matanya selama beberapa bulan.


Memakan  waktu pengobatan yang agak panjang selama 3-4 minggu. Jika mata kucing  sudah sangat parah dan tidak dapat diselamatkan akan dilakukan tindakan  operasi untuk mengangkat bola matanya (enukleasi).

5. Feline Infectious Peritonitis


Penyakit  ini disebabkan oleh virus Feline coronavirus (FCoV). Penularannya  terjadi melalui liur atau feses dan melalui plasenta dari induk ke anak.  Tingkat keganasan penyakit ini tergantung pada sistem kekebalan tubub  kucing yang terjangkit.

Itulah 5 penyakit kucing yang sering di alami kucing yang berumur 3 bulan. Penyakit di atas bukan hanya terjadi pada kucing kecil saja loh. Bahkan kucing dewasa pun bisa terserang penyakit yang sama. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kamu untuk merawat kucing dengan sebaik-baiknya.

0 Response to "Kucing Umur 3 Bulan Sering Sakit? Waspadai Penyebabnya"

Post a comment

Berkomentar lah yang sopan, Tidak memberikan komentar negatif ataupun link spam. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel